Friday, November 2, 2012

Konflik Balinuraga, Way Panji LamSel

konflik balinuraga
Hingga kini kedua belah pihak belum menemukan kata sepakat untuk berdamai. Konflik yang memakan banyak korban ini berawal dari masalah seorang gadis yang di godain lelaki dari suku bali, hingga menyebabkan ratusan rumah rusak berat. 

Walau saya tidak tinggal di wilayah konflik tersebut, namun wilayah rumah berada di lingkungan umat Hindu jadi membuat khawatir kalau – kalau masa itu mendatangi desa saya. Namanya juga masa jika sudah marah bisa saja rumah yang saya tinggali jadi sasaran juga. 

Saat kejadian itu warga desa terutama para wanita di ungsikan, untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan karena menurut kabar akan mendatangi desa saya. Saat malam saya hanya duduk di teras jika masa itu datang saya tidak akan menghadapinya, melainkan ambil langkah seribu… yah bisa di katakana pengeut, lebih baik kehilangan rumah dari pada mati konyol.. 

Sedangkan umat hindu berlalu lalang membawa pedang, tombak, berjaga – jaga dirumah masing – masing. Untunglah masa itu tidak mendatangi kami, walau demikian selama belum menemukan kesepakatan untuk berdamai pastinya selalu was – was. 

Semoga konflik ini cepat terselesaikan dan juga konflik – konflik di tempat lain, dan Indonesia selalu aman dan damai..

41 comments:

  1. masalahnya sepele yah bang
    tapi sampai kaya gitu ...
    Untung doi udah pindah ke bandung

    ReplyDelete
  2. semoga kedamaian cepat bersemi kembali di way panji

    ReplyDelete
  3. Kenapa negaraku kehilangan rasa kemanusiaan. Apakah ini di sengaja oleh pemerintah ? kok sampai terlambat dalam penangananya. Jawa sudah hilang dengan sia-sia.

    ReplyDelete
  4. Apa untungnya bagi mereka yg berkonflik sih?
    Malah korban nyawa yg mereka dpt.

    ReplyDelete
  5. @Rupi Adamiya mas, wah untung sudah pindah ya..

    ReplyDelete
  6. @BlogS of Hariyantoiya semoga aja om, supaya hidup lebih tentram...

    ReplyDelete
  7. @Djangkaru Bumiiya om, menurut kabar sudah 14 nyawa.. dari info pihak keamanaan kecolongan..

    ReplyDelete
  8. @Zevinentahlah, karena sebelumnya memang sudah ada konflik, mungkin ingin membesarkan nama suku...

    ReplyDelete
  9. ngeri ya mas kalo ada konflik warga seperti itu....

    ReplyDelete
  10. Semoga cepat damai dan tidak ada rasa dendam.

    ReplyDelete
  11. wah semoga cepet selesai ya sob, dan dapat jalan keluar yang tidak merugikan salah satu pihak...amin...

    ReplyDelete
  12. semoga ya gan, harusnya si masalah sepele segera di selesainkan. jangan melibatkan massa. btw kemana nie pemimpin kita kalau pas yang beginian?

    ReplyDelete
  13. kunjungan malam sob....salam sukses selalu :D

    ReplyDelete
  14. @Djangkaru Bumisemoga aja mas, kemarin sudah tanda tangan perdamaian dengan beberapa syarat...

    ReplyDelete
  15. @Mas Nadyiya mas semoga aja, denger - denger jika ribut kembali pihak hindu akan di usir, tapi entah seluruhnya atau hanya yang berada di konflik masih belum jelas...

    ReplyDelete
  16. @cerita anak kostsaat konflik terjadi wah kurang tau sob, kemarin denger juga saat damai pemimpin sedang tidak ada...

    ReplyDelete
  17. @Nasyukha FreeStyleterima kasih, sukses kembali buat sobat...

    ReplyDelete
  18. kenapa ya akhir-akhir ini negeri ini jadi brutal semua : bukan hanya pelajarnya, masyarakatnya bahkan juga aparatnya

    ReplyDelete
  19. Tapi memang harus diakui, orang bali itu punya jiwa pekerja keras dan sangat menghormati budaya dan leluhur mereka. pantas jika mereka berhasil ditanah rantau atau tempat transmigrasi.

    ReplyDelete
  20. subhanallah sungguh ironis yah sob..

    semoga konflik ini segera ada titik temunya, agar bisa berdamai lagi..

    ReplyDelete
  21. Ternyata masalah kecilpun bisa menjadi sangat besar ya... Semoga cepat berdamai kedua belah pihak dan konfliknya tidak meluas kemana-mana ya sob..

    ReplyDelete
  22. sebenarnya cara sahabatku ini sudah bagus, dan itu bukanlah pengecut tapi menggunakan ilmu pengetahuan, karena jika kita berada bersama mereka akibatnya tdk membawa manfaat, lebih baik menghindar dan cari solusi yg terbaik

    semoga semua akan berakhir dg cara terbaik ya sobat.
    terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  23. wahh, belum tau aku kasus ini,,
    semoga saja cepat terseleseikan sob !!

    ReplyDelete
  24. @Thanjawa arifentahlah mas, mungkin karena pendidikan kewarganegaraan kurang kali ya hehe...

    ReplyDelete
  25. @Djangkaru Bumibener banget mas, di kampung saya mereka ke ladang atau sawah pergi pagi pulang sore terus.. dan itu membuat mereka cepat maju..

    ReplyDelete
  26. @lukman hakimiya sob, mudah - mudahan tidak terulang kembali...

    ReplyDelete
  27. @cik awibegitulah mas sekarang ini, masalah sepele bisa jadi besar, mungkin jaman kali ya..

    ReplyDelete
  28. @Penyuluh Perikananhehe.. menyelamatkan diri, mudah mudahan ya om...

    ReplyDelete
  29. wah perang trus negeri ini :'(

    ReplyDelete
  30. @Cirebon-Cyber4rtiya neh negeri ini selalu ada perang...

    ReplyDelete
  31. Begini nih yang bikin negara nggak maju2 ngurusin konflik mulu... semua pada mau cari pembenaran sendiri2... padahal semuanya salah ...pingin menang sendiri... lama2 negara nih kaya Afganistan..konflik tiada akhir... Mana nih jiwa Pancasilanya...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas budi, konflik melulu justru nyusahin kita2 yang tidak tau menau masalahnya dan tidak nyaman

      Delete
  32. saya turut prihatin mas, semoga masala yang sedang berkecamuk di way panji cepat teratasi...

    ReplyDelete
  33. Anonymous16 May, 2013

    semoga cepat teratasi dan konflik yang ada segera tuntas mas

    ReplyDelete
  34. dari masalah spele jadi masalah yang mencekam ya mas, mudah mudahan cepet - cepet ada kesepakatan dari dua belah pihak ..... amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti menunjukkan jaman sekarang ya kang, dikit2 ribut atau perang...

      Delete
  35. apa untungnya konflik sih, huh

    ReplyDelete

Terima kasih sahabat sudah :
1. Berkomentar
2. Tidak memasukkan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar sara/porno