Hari Raya Galungan

galungan-1
Hari ini tanggal 29 Agustus umat Hindu merayakan hari raya galungan, galungan merupakan hari raya besar bagi umat Hindu sendiri yang mana peringatannya tiap 210 hari. Pada hari raya umat Hindu ke Pura utama Desa untuk sembahyang dan menghaturkan sesajen sebagai ungkapan bersyukur kepada Tuhan.

Inti dari hari raya Galungan adalah mengendalikan hawa nafsu yang menggangu batin, kemarahan, keserakahan, iri hati dan untuk menyatukan kekuatan rohani agar mendapat pikiran yang terang dan baik.

Satu hari sebelumnya umat Hindu memasang yang dinamakan penjor, sobat blogger semua pasti sudah tahu seperti apa bentuknya… penjor ini di pasang di depan rumah – rumah warga, menurut Kadek Tustayanta (teman) Penjor ini sebagai lambang kemenangan (kebaikan vs kejahatan). Tetapi terkadang bukan umat Hindu saja yang memasang, biasanya hajatan yang beragama islam terkadang ada lho yang pasang..

Previous
Next Post »

26 komentar

Write komentar
applausr
AUTHOR
29 Agustus, 2012 delete

penjor itu yang dibawa bawa dan diantar antar ke kerabat dekat tidak ya mas.... saya denger kalau pada saat galungan ada acara seperti itu... apa namanya ya?

Reply
avatar
Drieant
AUTHOR
29 Agustus, 2012 delete

ehm. seperti puasa ya gan. berarti galungan itu dalam dua tahun ada 3 kali ya. ehm, unik juga ya. kita jadi tau budaya lain. ko ente tau, emang ente tinggal di bali ya?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
29 Agustus, 2012 delete

bukan mas, penjor itu di tancapkan di depan gorong-gorong gitu dengan bambu yang tinggi...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
29 Agustus, 2012 delete

iya sob, ane tinggal di lampung tapi tinggalnya di wilayah beragama hindu...

Reply
avatar
Asis Sugianto
AUTHOR
30 Agustus, 2012 delete

wah kemarin hari galungan yach sobat??

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
30 Agustus, 2012 delete

iya mas bagi umat Hindu...

Reply
avatar
cik awi
AUTHOR
30 Agustus, 2012 delete

Ngomongin Hari raya galungan jadi ingat waktu masih sekolah dasar dulu..waktu guru ngasi pertanya,an seputar hari raya galungan di peringati umat apa?

Reply
avatar
30 Agustus, 2012 delete

Pernah liat di TV kalo di Bali ... tapi kalo orang Islam pasang beginian, baru tahu lho mas ...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
30 Agustus, 2012 delete

terus bisa jawab nggak masnya?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
30 Agustus, 2012 delete

islam itu biasanya di kota terkadang ada, sepintas hampir mirip.. mungkin hanya sebagai tanda di tempat itu ada hajatan mas...

Reply
avatar
Zevin
AUTHOR
30 Agustus, 2012 delete

Saya gk merayakan hari raya Galungan sob, krna sya bkn beragama Hindu. Sbnernya orang yg bkn bragama Hindu, tahu kebudayaan agama lain tu gk slh, tp sya belum mau aja mlajarin kbudayaan agama lain.

Reply
avatar
Drieant
AUTHOR
30 Agustus, 2012 delete

ou gitu. pantesan ente tau bener. makasih dah, jadi tambah tau dan pengalaman ane lewat cerita ente.

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
31 Agustus, 2012 delete

ok, sama sama...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
31 Agustus, 2012 delete

saya juga sebenarnya tidak mempelajari, berhubung tinggal dan punya teman beragama Hindu sedikit tau.. kalau belum mau juga tidak apa apa tidak masalah...

Reply
avatar
niceppt.com
AUTHOR
31 Agustus, 2012 delete

ou saya jadi tau dan baru tau bang. ternyata hari itu ya.. ehm, makasih nie bang. jadi pengetahuan baru kalau 210 hari sekali.

Reply
avatar
31 Agustus, 2012 delete

Oh begitu. Btw, saya ini seorang ibu, mas Agus .... :|

Reply
avatar
lensaberbagi
AUTHOR
31 Agustus, 2012 delete

Baru tau namanya Penjor.. makasih infonya bos...
(Btw, koq selesct profilenya dah nggak ada pilihan NAME/URL ya?)
http://lensaberbagi.com

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
31 Agustus, 2012 delete

terima kasih sama sama...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
31 Agustus, 2012 delete

terima kasih kembali... sebenernya mau menghindari spam, tapi saya pikir lagi deh mau di pasang atau di hilangkan...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
31 Agustus, 2012 delete

waduh maaf bu..(malu deh):D

Reply
avatar
yusrandante
AUTHOR
01 September, 2012 delete

sering lihat di TV sih... soalnya di sekitar daerahku g ada yang merayakan hari raya galungan..

Reply
avatar
01 September, 2012 delete

kayak gimana ya penjor itu?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
01 September, 2012 delete

iya sob di tv terkadang muncul juga...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
01 September, 2012 delete

penjor itu menggunakan bambu dan di hiasi janur kelapa, dan beberapa macam kue.. seperti terlihat pada gambar...

Reply
avatar
HP Yitno
AUTHOR
01 September, 2012 delete

Jadi penjor itu tradisi di agama hindu ya. Tak kirain hanya adat semata.

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
01 September, 2012 delete

iya mas tiap hari raya galungan...

Reply
avatar

Terima kasih sahabat sudah :
1. Berkomentar
2. Tidak memasukkan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar sara/porno EmoticonEmoticon