Jeruk Bali

Jeruk bali – sahabat semua pasti sudah tau ya yang namanya buah jeruk bali, buah yang besar dan enak ini sengaja ditanam dihalaman belakang rumah. “Dalam bahasa inggirs disebut PAMELO merupakan penghasil buah terbesar. Nama pamelo sekarang disarankan oleh Departemen Pertanian karena jeruk ini tidak ada kaitannya dengan bali” (wikipedia). 

Entah mengapa didaerah saya nama buah jeruk ini dinamakan jeruk bali, sedangkan orang tua saya sendiri pun tidak bisa menjawab pertanyaan saya, mungkin memang sudah sejak lama dinamakan seperti itu. Ditempat sobat mungkin namanya berbeda… 

Tadi sore si istri ingin makan jeruk ini, maka saya mencoba kebelakang untuk melihat jeruk bali ini masih ada atau tidak buahnya, ternyata masih ada dua buah. Langsung saya petik karena sepertinya sudah tua dan matang. Bagaimana dengan sobat semua sudah pernah mencoba makan jeruk ini kan? Jika ada yang belum pernah lihat pohon dan buahnya ya seperti gambar dibawah ini…




Demikian tentang jeruk bali ini, semoga bermanfaat..
Previous
Next Post »

96 komentar

Write komentar
Al Kurniawan
AUTHOR
12 April, 2013 delete

maz, saya boleh minta JERUK BALI nya gak, saya pengin juga hahahahaha !!

#Blackwalking.

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
12 April, 2013 delete

waah sensasi metik sendiri ini yang bikin pengen,
Enak nya yang punya pohon jeruk sendiri,

Reply
avatar
12 April, 2013 delete

Makannya pake apa mas Agus? Kan asem rasanya?
Kalo saya gak doyan buah yang asem :)

Reply
avatar
Agus kompac
AUTHOR
12 April, 2013 delete

Saya juga punya pohon jeruk ini.Di daerah saya sama namanya jeruk bali.mungkin bener juga x y asal nya dari sana(Bali)

Reply
avatar
12 April, 2013 delete

wawa jadu nguruy lidahku,kayaknya manis-manis asam nih.

Reply
avatar
zigzoor Thea
AUTHOR
12 April, 2013 delete

hihihi,hujan makan jeruk mas,masem.

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 April, 2013 delete

wah sayang sob, beberapa hari lalu masih banyak, berhubung banyak yang minta yah...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 April, 2013 delete

iya mas, didaerah tempat saya tinggal jarang yang punya, malah banyak yang minta buahnya sih...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 April, 2013 delete

ya dimakan gitu aja mbak, kalau yang tua nggak asem kok, manis...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 April, 2013 delete

mungkin aja ya mas asalnya dari bali... oya buah nggak mas?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 April, 2013 delete

kalau nanggung sih iya, tapi kalau tua saya ngersainnya manis sih, mungkin bagi mas sedikit beda...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 April, 2013 delete

kok pada bilang masem ya, manis kok hihihi...

Reply
avatar
12 April, 2013 delete

Dulu saya sering dikasih pacar, karena ayahnya kerja di Bali. Tapi memang enak jeruk bali itu, manis dan mantap.

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
12 April, 2013 delete

jadi tanaman langka ya mas , termasuk beruntung bisa memiliki tanaman buah jerk bali ini

Reply
avatar
wongcrewchild
AUTHOR
13 April, 2013 delete

ini buah sngat ane sukai, klo ane paling beli dipinggir jalan, bnyak yg jual disini, klo da diblakang rmh kaya mas agus, wah asyik bnget, tinggal petik

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 April, 2013 delete

langka ditempat saya mas, iya, justru kalau sedang tidak buah terkadang ditanyain buah apa nggak...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 April, 2013 delete

wah enaknya dobel ya mas + pacar...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 April, 2013 delete

berapa mas harganya ditempat mas, murahkan?

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
13 April, 2013 delete

kalau berbuah,saya aja yang tanya mas,kapan dikirim ke mojokerto?hehe

Reply
avatar
13 April, 2013 delete

ya ini jeruk ksukaan aq mas. Kpn2 mau dunk aq d kash hehe.

Reply
avatar
Mami Zidane
AUTHOR
13 April, 2013 delete

enak ya kalo punya pohon jeruk sendiri....hehe

Reply
avatar
Penghuni 60
AUTHOR
13 April, 2013 delete

Jeruk bali tuh yg jeruknya gede itu kan sob? rasanya emang khas bgt..
:D lain ama yg lain

Reply
avatar
cik awi
AUTHOR
13 April, 2013 delete

Di tempat saya jeruk tersebut namanya juga jeruk bali sob..

Reply
avatar
infosaja.com
AUTHOR
13 April, 2013 delete

Jeruknya segar ini,yang digambar itu rasanya yang manis ya Mas :)

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 April, 2013 delete

wkwkwkw... iya nti saya pikirkan, mau apa nggak ya pak posnya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 April, 2013 delete

boleh, bahkan ambil sendiri juga boleh wkwkw...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 April, 2013 delete

hehehe iya mbak, kalau buah tinggal ngambil...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 April, 2013 delete

iya mas yang gede, khas memang rasanya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 April, 2013 delete

wah sama ya mas... mungkin sama semua ya namanya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 April, 2013 delete

manis sob, sebelum dimakan di photo dulu...

Reply
avatar
darmanto.com
AUTHOR
13 April, 2013 delete

jeruk ini rasanya agak asem sob,enaknya dimakan siang hari...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 April, 2013 delete

memang punya ciri khas sendiri rasanya, iya mas siang hari saat cuaca panas...

Reply
avatar
Indah P
AUTHOR
13 April, 2013 delete

sapa sih yg tidak kenal jeruk bali yg terkenal manisnya?

mas mas...sisain utk saya ada gak? hahah

Reply
avatar
Mas Nady
AUTHOR
14 April, 2013 delete

hehehehe. saya kira nama jeruk bali ini sama seluruh indonesia menyebutnya jeruk bali, soalnya di mana mana orang nyebutnya jeruk bali, padahal jeruk lampung tuch yang di foto. hehehehehe.

hmm.. ludahku mau keluar nih sob lihat jeruknya,heeeemmmmm

Reply
avatar
budi os 19
AUTHOR
14 April, 2013 delete

Boleh di kirimin juga dong mas agus...jeuknya ke t4 saya...hehe
#ngarepp.. :)

Reply
avatar
budi os 19
AUTHOR
14 April, 2013 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
budi os 19
AUTHOR
14 April, 2013 delete

Kalo dari jenisnya....ada yg dagingnya merah dan putih ya mas....
Dan untuk saat ini memang lagi musim..dan panennya juga melimpah...di tp sy...hampir bejejer di sepanjng pinngir jln...irang jual jeruk ini...
Kmrn juga bis beli satu buah 5ribu perak....
Manis segerrr...rasanya :)

Reply
avatar
14 April, 2013 delete

di makassar juha namanya jeruk bali, tapi saya lebih setuju kalau tetap dinamakan jeruk bali, karena masih ada unsur Indonesianya, daripada nama pamelo yang jelas2 berasal dar bahasa asing :-)

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
14 April, 2013 delete

pasti sudah dihabiskan pak posnya. yg dikrim kulitnya aja

Reply
avatar
Wisata Murah
AUTHOR
14 April, 2013 delete

wah jadi ngeces ni air liur, ketepatan sudah belasan tahun tidak ketemu jeruk bali ini,, menginspirasi buanget mas,, mau cari aah. hehehehe

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
14 April, 2013 delete

beneran nih di meja makan saya masih ada nih jeruk bali

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
14 April, 2013 delete

jeruk makassar ada nggak Mas?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
14 April, 2013 delete

wkwkwk... karena ketahuan bau aromanya... waktu saya kecil dulu kulitnya buat mainan mobil-mobilan :D

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
14 April, 2013 delete

Ya ngarep ndak papa lha wong tidak dilarang... tul nggak?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
14 April, 2013 delete

ada spesial buat mbak indah :P silahkan diambil...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
14 April, 2013 delete

wah bener juga ya mas, jeruk lampung lha wong tanam dan berbuah dilampung wkwkwk... krenyes2...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
14 April, 2013 delete

iya mas, tapi tempat saya belum pernah nanam yang putih... 5ribu mas? lumayan juga ya harganya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
14 April, 2013 delete

iya juga ya mas, pamelo kesannya luar...
mas zach@ ada, maksudnya jeruk dari makasar kan # tuing****

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
14 April, 2013 delete

wah lama juga ya mas belasan tahun, berarti didaerah mas sekarang tidak ada ya..

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
14 April, 2013 delete

yang bener niiehh....

Reply
avatar
14 April, 2013 delete

di daerah saya, di jawa juga namanya jeruk bali mas, biasanya di pake buat bikin rujak pas 7 bulanan, saya juga suka sama jeruk ini, mak nyus rasanya

Reply
avatar
dins sam
AUTHOR
14 April, 2013 delete

kalo gak salah jeruk bali kulitnya bisa dibikin manisan lho mas, :)

Reply
avatar
Zhinto
AUTHOR
14 April, 2013 delete

Namanya apa ya lupa saya nama panggilan jeruk itu kalau dikampung saya, tapi yang pastinya saya suka banget sama itu jeruk soalnya UENAKKK

Reply
avatar
PS Holic
AUTHOR
15 April, 2013 delete

awal ngeliad screenshotnya tadi dari halaman depan, saiia pikir itu jantung atau hati atau apalah.. gag nyangka jeruk :p ehehehe.. wahh saik banged.. tinggal petik :(

Belajar Photoshop

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
15 April, 2013 delete

dulu waktu kecil mainan itu menjadi primadona, ada rodanya di tarik pakai rafia

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 April, 2013 delete

wkwkwkw sama mas... kadang di beri kayu belakangnya didorong...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 April, 2013 delete

iya mas tempat saya juga ada yang begitu untuk rujak 7 bulanan...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 April, 2013 delete

kurang tau juga mas kalau untuk manisan, belum pernah dengar sih, mungkin bisa...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 April, 2013 delete

wah berarti ada yang beda ya namanya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 April, 2013 delete

maunya gambarnya diurutan kedua ya wkwkwk...

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
15 April, 2013 delete

beneran. ini ada lagi sekarang. kami memang penyuka jeruk bali koq. lagi musim ya kayaknya, istri saya bilang katanya banyak banget di pasar.

Reply
avatar
15 April, 2013 delete

Di madura juga ada gan :) . Ada di belakang rumah tetangga saya :)

Reply
avatar
babol only
AUTHOR
15 April, 2013 delete

istrinya ngidam kali mas...? Haha..
Jeruk bali memang terkenal bersama salaknya.

Reply
avatar
Cilembu thea
AUTHOR
15 April, 2013 delete

hadeuh, tiga kali saya bolak balik komentar disini, lemot super ampuuun

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 April, 2013 delete

harta jeruknya berapa mas disana...?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 April, 2013 delete

terima kasih...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 April, 2013 delete

dimadura sedang buah nggak sobat?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 April, 2013 delete

hemm... kalau salaknya iya terkenal sampai lampung juga... ngelotok rasanya :D

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 April, 2013 delete

waduuhh, jaringan apa blognya mas?

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
16 April, 2013 delete

betul2 mnarik sekali di jamannya , kalau sekarang banyak mainan plastik

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
16 April, 2013 delete

kalau blognya sudah enteng mas agus, oh iya blog saya gimana berat apa nggggak? kalau komen ringan apa berat mas

Reply
avatar
Cilembu thea
AUTHOR
16 April, 2013 delete

modemku yang lemot kang, tuh gambarnya belum juga kebuka...hehehe dua agus yang sama, beda kulitnya doang...yang satu item yang satu putih

Reply
avatar
PS Holic
AUTHOR
16 April, 2013 delete

hehehe.. gpp kang.. justru buat beberapa orang, rasa pingin taunya jadi tinggi :)

Belajar Photoshop

Reply
avatar
mas-jin
AUTHOR
16 April, 2013 delete

enak nih mas :D hehe

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 April, 2013 delete

iya sekarang sudah tinggal bayar bawa pulang, tapi sebenarnya mainan dulu ada bagusnya bisa kreatif membuatnya, gimana kerjaan mas lancar?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 April, 2013 delete

hemm masa siihhh....

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 April, 2013 delete

agusputih@ kalau blognya mas ringan kok, komen juga ringan banget...
cilembu@ paketannya kurang ya hehehe... mengakui mas saya hitam bhahaha....

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 April, 2013 delete

hehe :D enak sih...

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
17 April, 2013 delete

harta apa harga hayooo..

Reply
avatar
Budi Siswanto
AUTHOR
17 April, 2013 delete

Waduh kok jadi pingin jeruk bali nih hehehe...

Reply
avatar
budi os 19
AUTHOR
17 April, 2013 delete

kalo yg putih...jenis jeruk bali madu mas agus :)

Reply
avatar
17 April, 2013 delete

mas agus...salam kenal, kunjungan pertama....
jeruk bali kalau ndak salah kulitnya bisa dibikin manisan yah...


saya selalu bingung membedakan agus agua yang ada di sini kalau bukan karena fotonya...hahaha

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
17 April, 2013 delete

alhamdulillah lancar mas, muga2 sampean juga lancar

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
17 April, 2013 delete

enak sama namanya aja lho tanpa pembeda ya tho

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 April, 2013 delete

iya mas sama-sama lancar...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 April, 2013 delete

mmh belum pernah lihat nyatanya malah mas...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 April, 2013 delete

bah diprotes nih, harga mas...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 April, 2013 delete

warna jelas beda mas, warna terang dan warna rusak wkwkw...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 April, 2013 delete

walahh coba dicari dipasar mas ada apa nggak...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 April, 2013 delete

salam kenal kembali, saya sendiri belum pernah ngliat manisan kulit jeruk, didaerah tertentu mungkin ada... hehe nama agus pasaran ya wkwkwk...

Reply
avatar
Harun Ar
AUTHOR
18 April, 2013 delete

Ingat waktu kecil dulu........ ngupasnya hati-hati, kulitnya bisa buat mobil-mobilan..... hhe

Reply
avatar
uyoyahya
AUTHOR
19 April, 2013 delete

jeruk bali? aduh ada pait2nya...


salam kenal, follback ya... :D

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
21 April, 2013 delete

iya om, ngalamin duluan ya om...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
21 April, 2013 delete

ada diiiikit banget... ok...

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
22 April, 2013 delete

ya sama mas di tempat mamang juga jeruk bali tuh, ini paling enak di makan siang hari di campur sambal gula terus di ulek, mantap ehheehe.... katanya berkhasiat juga untuk perokok aktip, dapat menetralkan kandungan nikotin

Reply
avatar

Terima kasih sahabat sudah :
1. Berkomentar
2. Tidak memasukkan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar sara/porno EmoticonEmoticon