Jeruk Bali

Jeruk bali – sahabat semua pasti sudah tau ya yang namanya buah jeruk bali, buah yang besar dan enak ini sengaja ditanam dihalaman belakang rumah. “Dalam bahasa inggirs disebut PAMELO merupakan penghasil buah terbesar. Nama pamelo sekarang disarankan oleh Departemen Pertanian karena jeruk ini tidak ada kaitannya dengan bali” (wikipedia). 

Entah mengapa didaerah saya nama buah jeruk ini dinamakan jeruk bali, sedangkan orang tua saya sendiri pun tidak bisa menjawab pertanyaan saya, mungkin memang sudah sejak lama dinamakan seperti itu. Ditempat sobat mungkin namanya berbeda… 

Tadi sore si istri ingin makan jeruk ini, maka saya mencoba kebelakang untuk melihat jeruk bali ini masih ada atau tidak buahnya, ternyata masih ada dua buah. Langsung saya petik karena sepertinya sudah tua dan matang. Bagaimana dengan sobat semua sudah pernah mencoba makan jeruk ini kan? Jika ada yang belum pernah lihat pohon dan buahnya ya seperti gambar dibawah ini…




Demikian tentang jeruk bali ini, semoga bermanfaat..

Info Lainnya :

Share to : :

96 komentar:

  1. maz, saya boleh minta JERUK BALI nya gak, saya pengin juga hahahahaha !!

    #Blackwalking.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang sob, beberapa hari lalu masih banyak, berhubung banyak yang minta yah...

      Hapus
  2. waah sensasi metik sendiri ini yang bikin pengen,
    Enak nya yang punya pohon jeruk sendiri,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, didaerah tempat saya tinggal jarang yang punya, malah banyak yang minta buahnya sih...

      Hapus
    2. jadi tanaman langka ya mas , termasuk beruntung bisa memiliki tanaman buah jerk bali ini

      Hapus
    3. langka ditempat saya mas, iya, justru kalau sedang tidak buah terkadang ditanyain buah apa nggak...

      Hapus
    4. kalau berbuah,saya aja yang tanya mas,kapan dikirim ke mojokerto?hehe

      Hapus
    5. wkwkwkw... iya nti saya pikirkan, mau apa nggak ya pak posnya...

      Hapus
    6. pasti sudah dihabiskan pak posnya. yg dikrim kulitnya aja

      Hapus
    7. wkwkwk... karena ketahuan bau aromanya... waktu saya kecil dulu kulitnya buat mainan mobil-mobilan :D

      Hapus
    8. dulu waktu kecil mainan itu menjadi primadona, ada rodanya di tarik pakai rafia

      Hapus
    9. wkwkwkw sama mas... kadang di beri kayu belakangnya didorong...

      Hapus
    10. betul2 mnarik sekali di jamannya , kalau sekarang banyak mainan plastik

      Hapus
    11. iya sekarang sudah tinggal bayar bawa pulang, tapi sebenarnya mainan dulu ada bagusnya bisa kreatif membuatnya, gimana kerjaan mas lancar?

      Hapus
    12. alhamdulillah lancar mas, muga2 sampean juga lancar

      Hapus
    13. iya mas sama-sama lancar...

      Hapus
  3. Makannya pake apa mas Agus? Kan asem rasanya?
    Kalo saya gak doyan buah yang asem :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dimakan gitu aja mbak, kalau yang tua nggak asem kok, manis...

      Hapus
  4. Saya juga punya pohon jeruk ini.Di daerah saya sama namanya jeruk bali.mungkin bener juga x y asal nya dari sana(Bali)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin aja ya mas asalnya dari bali... oya buah nggak mas?

      Hapus
  5. wawa jadu nguruy lidahku,kayaknya manis-manis asam nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nanggung sih iya, tapi kalau tua saya ngersainnya manis sih, mungkin bagi mas sedikit beda...

      Hapus
  6. hihihi,hujan makan jeruk mas,masem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok pada bilang masem ya, manis kok hihihi...

      Hapus
  7. Dulu saya sering dikasih pacar, karena ayahnya kerja di Bali. Tapi memang enak jeruk bali itu, manis dan mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah enaknya dobel ya mas + pacar...

      Hapus
  8. ini buah sngat ane sukai, klo ane paling beli dipinggir jalan, bnyak yg jual disini, klo da diblakang rmh kaya mas agus, wah asyik bnget, tinggal petik

    BalasHapus
    Balasan
    1. berapa mas harganya ditempat mas, murahkan?

      Hapus
  9. ya ini jeruk ksukaan aq mas. Kpn2 mau dunk aq d kash hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, bahkan ambil sendiri juga boleh wkwkw...

      Hapus
  10. enak ya kalo punya pohon jeruk sendiri....hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya mbak, kalau buah tinggal ngambil...

      Hapus
    2. Boleh di kirimin juga dong mas agus...jeuknya ke t4 saya...hehe
      #ngarepp.. :)

      Hapus
    3. Ya ngarep ndak papa lha wong tidak dilarang... tul nggak?

      Hapus
  11. Jeruk bali tuh yg jeruknya gede itu kan sob? rasanya emang khas bgt..
    :D lain ama yg lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas yang gede, khas memang rasanya...

      Hapus
  12. Di tempat saya jeruk tersebut namanya juga jeruk bali sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama ya mas... mungkin sama semua ya namanya...

      Hapus
  13. Jeruknya segar ini,yang digambar itu rasanya yang manis ya Mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. manis sob, sebelum dimakan di photo dulu...

      Hapus
  14. jeruk ini rasanya agak asem sob,enaknya dimakan siang hari...

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang punya ciri khas sendiri rasanya, iya mas siang hari saat cuaca panas...

      Hapus
  15. sapa sih yg tidak kenal jeruk bali yg terkenal manisnya?

    mas mas...sisain utk saya ada gak? hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada spesial buat mbak indah :P silahkan diambil...

      Hapus
  16. hehehehe. saya kira nama jeruk bali ini sama seluruh indonesia menyebutnya jeruk bali, soalnya di mana mana orang nyebutnya jeruk bali, padahal jeruk lampung tuch yang di foto. hehehehehe.

    hmm.. ludahku mau keluar nih sob lihat jeruknya,heeeemmmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener juga ya mas, jeruk lampung lha wong tanam dan berbuah dilampung wkwkwk... krenyes2...

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. Kalo dari jenisnya....ada yg dagingnya merah dan putih ya mas....
    Dan untuk saat ini memang lagi musim..dan panennya juga melimpah...di tp sy...hampir bejejer di sepanjng pinngir jln...irang jual jeruk ini...
    Kmrn juga bis beli satu buah 5ribu perak....
    Manis segerrr...rasanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, tapi tempat saya belum pernah nanam yang putih... 5ribu mas? lumayan juga ya harganya...

      Hapus
    2. kalo yg putih...jenis jeruk bali madu mas agus :)

      Hapus
    3. mmh belum pernah lihat nyatanya malah mas...

      Hapus
  19. di makassar juha namanya jeruk bali, tapi saya lebih setuju kalau tetap dinamakan jeruk bali, karena masih ada unsur Indonesianya, daripada nama pamelo yang jelas2 berasal dar bahasa asing :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jeruk makassar ada nggak Mas?

      Hapus
    2. iya juga ya mas, pamelo kesannya luar...
      mas zach@ ada, maksudnya jeruk dari makasar kan # tuing****

      Hapus
  20. wah jadi ngeces ni air liur, ketepatan sudah belasan tahun tidak ketemu jeruk bali ini,, menginspirasi buanget mas,, mau cari aah. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lama juga ya mas belasan tahun, berarti didaerah mas sekarang tidak ada ya..

      Hapus
  21. beneran nih di meja makan saya masih ada nih jeruk bali

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bener niiehh....

      Hapus
    2. beneran. ini ada lagi sekarang. kami memang penyuka jeruk bali koq. lagi musim ya kayaknya, istri saya bilang katanya banyak banget di pasar.

      Hapus
    3. harta jeruknya berapa mas disana...?

      Hapus
    4. harta apa harga hayooo..

      Hapus
    5. bah diprotes nih, harga mas...

      Hapus
  22. di daerah saya, di jawa juga namanya jeruk bali mas, biasanya di pake buat bikin rujak pas 7 bulanan, saya juga suka sama jeruk ini, mak nyus rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas tempat saya juga ada yang begitu untuk rujak 7 bulanan...

      Hapus
  23. kalo gak salah jeruk bali kulitnya bisa dibikin manisan lho mas, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau juga mas kalau untuk manisan, belum pernah dengar sih, mungkin bisa...

      Hapus
  24. Namanya apa ya lupa saya nama panggilan jeruk itu kalau dikampung saya, tapi yang pastinya saya suka banget sama itu jeruk soalnya UENAKKK

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti ada yang beda ya namanya...

      Hapus
  25. awal ngeliad screenshotnya tadi dari halaman depan, saiia pikir itu jantung atau hati atau apalah.. gag nyangka jeruk :p ehehehe.. wahh saik banged.. tinggal petik :(

    Belajar Photoshop

    BalasHapus
    Balasan
    1. maunya gambarnya diurutan kedua ya wkwkwk...

      Hapus
    2. hehehe.. gpp kang.. justru buat beberapa orang, rasa pingin taunya jadi tinggi :)

      Belajar Photoshop

      Hapus
    3. hemm masa siihhh....

      Hapus
  26. Di madura juga ada gan :) . Ada di belakang rumah tetangga saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimadura sedang buah nggak sobat?

      Hapus
  27. istrinya ngidam kali mas...? Haha..
    Jeruk bali memang terkenal bersama salaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hemm... kalau salaknya iya terkenal sampai lampung juga... ngelotok rasanya :D

      Hapus
  28. hadeuh, tiga kali saya bolak balik komentar disini, lemot super ampuuun

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduuhh, jaringan apa blognya mas?

      Hapus
    2. kalau blognya sudah enteng mas agus, oh iya blog saya gimana berat apa nggggak? kalau komen ringan apa berat mas

      Hapus
    3. modemku yang lemot kang, tuh gambarnya belum juga kebuka...hehehe dua agus yang sama, beda kulitnya doang...yang satu item yang satu putih

      Hapus
    4. agusputih@ kalau blognya mas ringan kok, komen juga ringan banget...
      cilembu@ paketannya kurang ya hehehe... mengakui mas saya hitam bhahaha....

      Hapus
    5. enak sama namanya aja lho tanpa pembeda ya tho

      Hapus
    6. warna jelas beda mas, warna terang dan warna rusak wkwkw...

      Hapus
  29. Waduh kok jadi pingin jeruk bali nih hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. walahh coba dicari dipasar mas ada apa nggak...

      Hapus
  30. mas agus...salam kenal, kunjungan pertama....
    jeruk bali kalau ndak salah kulitnya bisa dibikin manisan yah...


    saya selalu bingung membedakan agus agua yang ada di sini kalau bukan karena fotonya...hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali, saya sendiri belum pernah ngliat manisan kulit jeruk, didaerah tertentu mungkin ada... hehe nama agus pasaran ya wkwkwk...

      Hapus
  31. Ingat waktu kecil dulu........ ngupasnya hati-hati, kulitnya bisa buat mobil-mobilan..... hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om, ngalamin duluan ya om...

      Hapus
  32. jeruk bali? aduh ada pait2nya...


    salam kenal, follback ya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada diiiikit banget... ok...

      Hapus
  33. ya sama mas di tempat mamang juga jeruk bali tuh, ini paling enak di makan siang hari di campur sambal gula terus di ulek, mantap ehheehe.... katanya berkhasiat juga untuk perokok aktip, dapat menetralkan kandungan nikotin

    BalasHapus

Terima kasih sahabat sudah :
1. Berkomentar
2. Tidak memasukkan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar sara/porno

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BLOGSUKSESLINK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger