Cara Membersihkan Kaca Helm

Cara membersihkan kaca helm, penggunaan helm yang jangka waktu lama tentu akan mengurangi kenyamanan melihat saat berkendara. Karena seringnya di pakai, debu dan campuran minyak yang di timbulkan dari asap kenalpot dapat menempel pada kaca helm.

Apalagi jika digunakan pada malam hari, pantulan dari sinar lampu kendaraan lain akan membuat buyar saat kaca helm di depan mata kita, tentu menjadi tidak nyaman. Sedangkan kaca helm bening lebih baik saat malam hari dibandingkan kaca model pelangi.

Berikut tips cara membersihkan kaca helm yang sering saya lakukan pada helm kesayangan saya :


Basahi kaca helm dengan air bersih sambil tangan kita mengusap pelan - pelan pada kaca helm, dalam hal ini jangan menggunakan kain. Kenapa? karena debu yang menempel saat kita menggosoknya justru bukan ikut air yang mengalir melainkan berada pada kain dan membuat baretan baru pada kaca helm.

Beri busa sabun (sabun mandi) kita usapkan pada kaca, juga tetap menggunakan tangan hingga merata. Jika dirasa sudah cukup bilas dengan air bersih. Yang terakhir tentu mengeringkannya bisa menggunakan tisu atau kain yang bersih.

Kini sobat bisa lihat perbedaannya saat kita gunakan terlebih pada malam hari, selain bersih pantulan sinar lampu dari kendaraan lain tidak akan membuyarkan pandangan kita (untuk malah hari sebaiknya kaca yang bening).



Yang perlu di ingat, ini hanya apa yang sering saya lakukan terhadap helm saya. Ini untuk kaca helm yang baretnya belum terlalu parah, jika sangat parah tentu ini bukan solusinya melainkan ganti dengan kaca yang baru. Kalau pembaca punya tambahan atau cara yang lain silahkan sobat share di kolom komentar.

Demikian tips cara membersihkan kaca helm, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

127 komentar

Write komentar
18 Maret, 2012 delete

tips yang berguna Sob...kaca helm yang bersih akan membantu pandangan saat mengendara...nice share and happy blogging!

Reply
avatar
18 Maret, 2012 delete

luarnya doang gan, dalemnya enga?
klo ane ga pernah di bersihin. jorok juga ya, ntar ane ikutin tips dari ente gan. makasih ya.

Reply
avatar
Peduli AlamKu
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

wah kalau saya, di copot gan kacanya. emang si lebih ribet, tapi lebih mudah di bersihkan gan. tenkyu tipsnya

Reply
avatar
Hiaku Herry
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

wah bermanfaat nih tipsnya sob, sekarang nggak kaca helm ane jadi bening uey :))

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

@Iskaruji dot com bener om, dengan bersih saat kita mengenakan kacanya terasa lebih nyaman...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

@cerita anak kost ya dalemnya juga dong agar bersihnya maksimal..ok..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

@Peduli AlamKu dicobot emang sedikit ribet kecuali kalau mau membersihkan busanya sekalian nggak masalah...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

@Hiaku Herry terima kasih.. :D

Reply
avatar
18 Maret, 2012 delete

wah makasih atas caranya sob :)
Jadi makin lebih bersih aja nih nyuci helmnya :)

Reply
avatar
18 Maret, 2012 delete

mgkn agar lebih cemerlang gunakan sampo aja sob..., pemakaian sabun baikx hny tuk kotoran yg berat2...,lagian klo kering sampo gk meninggalkan bekas beda dgn sabun.., just info :), nice share... :D

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

@Rama Arif Maulana terima kasih sama sama...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

@Lentera Langit shampoo juga baik sob.. kalau menggunakan sabun detergen memang akan burem..

sebaiknya mengeringkan kaca helm saat masih ada airnya, misalnya kanebo atau kain yang bersih yang menyerap air...

Reply
avatar
Dangstars
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

Kalo bersih pemandangan jadi terang

Reply
avatar
Seo Cetek
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

Asik nih infonya..salam perdana dikunjungan perdana Sob

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

@Dangstars iya mas.. selain menjadi terang tentu terlihat bersih juga...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

@Seo Cetek terima kasih, salam kembali, selamat datang di blogsukseslink..

Reply
avatar
anisayu
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

wah sangat bermanfaat ini artikelnya
karna helm penting banget .... :)

Reply
avatar
Mie
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

untung helm ane gak ada kacanya.. xixi.. Jadi ga repot bersihin, cuma boros kacamata.. Wkwk

Reply
avatar
Tabah
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

wah helmku udah parah baretannya. .. . pengen ganti baru belom da duit. .. . :(

Reply
avatar
19 Maret, 2012 delete

kunjungan silaturahmi

waah saya baru tau..
ternyata bagusan nyucinya make tangan yaa..

bener tuh sob kata yang komen diatas..
kayanya mending make shampo..

Reply
avatar
Asis Sugianto
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

wah helm saya butuh di cuci nih sob, jadi pake sabun mandi aja yach sob???

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@anisayu penting demi kenyamanan mbak, terima kasih...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@Mie helm alami ya wkwkwk... bahaya tuh kepala..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@Alfian Edalogi iya shampoo bagus juga kok, mungkin kimianya lebih kecil..

tangan itu hanya untuk mengusap, dengan kain akan menambah baret baru karena butiran debu akan berada di kain...

beda dengan nyuci motor, karena steam, debu yang nempel bisa luntur..

terima kasih masukannya...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@Asis Sugianto bukan makek sabun yang di gosok ke kacanya mas, cuma busanya aja... seringnya yang saya lakukan begitu..

Reply
avatar
19 Maret, 2012 delete

wah makasih sob tipsnya, ane sering gosok pake tisu, eh malah buram tuh kaca hehe

Reply
avatar
ARMAN
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

Mantap sob kebetulan kaca helm saya dipakai malem hari kalo kena pantulan sinar dari kendarazn lain pandangan jadi buyar kita, sehingga saya harus membuka kaca helm, semoga bermanfaat and happy blogging

Reply
avatar
mbahbejo
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

wak ada celah bisnis juga ni

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@Muro'i El-Barezy kalau di gosok langsung begitu emang bisa burem mas..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@ARMAN sama sama mas, moga bermanfaat...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@mbahbejo iya tuh bisa buka cucian helm wkwkwk...

Reply
avatar
Naya Elbetawi
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

motor gak punya.. helm apa lagi... huaaaaaaaa... :( hiksss

Reply
avatar
applausr
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

tip yang berguna dong... gimana kalau cara bersihin dalamnya juga.. akan lebih keren lagi tuh...

Reply
avatar
Techno Time!
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

Pertanyaan ene mah,,itu yang jadi model helm siapa Gan? hehe..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@applausr bersihin dalamnya tinggal dilepas aja.. yang penting busa jangan di peras saat mengeringkan..

jika helm fullface sebaiknya buka kacanya sedikit agar sirkulasi udara lancar (tidak terjadi kelembapan yang bikin jadi bau)..

jangan semprotkan parfum pada helm karena akan bertumpuk dengan minyak rambut (bisa bikin bau juga)

sedikit ini semoga bermanfaat...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@Techno Time! hehe ah agan bisa aja...

Reply
avatar
19 Maret, 2012 delete

Jadi teringat helm ane yang masih lecek tadinya mau pake kain, setelah baca posting ini ternyata msti pake tangan, sssiiiiiip sangat membantu nih :)

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@Tabah wkwkwk... ah sobat becanda aja neh...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@Coretan Pemula terima kasih, moga berguna...

Reply
avatar
Harun Ar
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

Waaaa..., ternyata mudah ya...., Kaca helm saya banyak goresan, berarti salah cara membersihkannya...
Tips yang bermanfaat, nambah pengetahuan..., TQ mas Agus!!!

Reply
avatar
19 Maret, 2012 delete

Mantap nih sob tips nya, langsung aku coba deh.. Soalnya Helm ku uda lama gak di bersihin.

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@Harun Ar iya om, kalau langsung di gosok menggunakan kain tentu nambah goresannya..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@Master Software Mobile silahkan.. terima kasih kunjungannya...

Reply
avatar
cik awi
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

wah helm gue yg jadul boleh nih pakai tips ini... Sobat

Reply
avatar
EYSurbakti
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

haha, nice tips bang ..
helm dirumah gue kagak pernah dicuci nih .. wkwkwk

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@cik awi ya boleh dong.. tapi kalau sudah parah tidak menjamin mas hehe...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@EYSurbakti asal masih jelas tidak menggangu pandangan saya rasa tidak masalah...

Reply
avatar
asfa blog
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

saya jadi malu helm ku ga pernah diurus sampe dekil hihihi

Reply
avatar
Fikri
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

Wah mantap sekali nih share-nya sob...

terimakasih atas tipsnya

-_- sepertinya waktunya nyuci helm nih

Reply
avatar
haris widodo
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

ada tips tambahan nih... yaitu:

1. biar cepet masukinaja ke dalam air, rendam pake baycli* selama satu jam atau lebih lalu jemur dan lihat hasilnya.

2. sediakan uang 200.000 pergi ke toko helm dan tukarkan uang itu dengan helm.. di jamin bersih mengkilat seperti baru!!

Reply
avatar
19 Maret, 2012 delete

tips yg bermanfaat bagi pengendara sepeda motor sob,,,

wilujeng ngeblog

Reply
avatar
wongcrewchild
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

cara ringan dan bermanfaat sob, jadi cling kaca helmnya, mesti dipraktekin neh, biasanya gak terllu perhatian untuk mmbersihkan, lngsung pake klo mo pergi
thanks tipsnya

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@asfa blog waduuh... sayang tuh padahal untuk kenyamanan sendiri lho he...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@Fikriterima kasih... silahkan di cuci dulu...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@haris widodo terima kasih tambahan tipsnya sob...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@Script Parse HTML terima kasih om atas kunjungannya...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@wongcrewchild iya mas.. dari pada sudah parah lebih repot...

Reply
avatar
ArhyErna_Blog
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

nice sahre sob...!!! thank's infonya sob...!!!!

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@ArhyErna_Blog terima kasih, sama sama...

Reply
avatar
Jejak Puisi
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

makasih banyk y sob tipsnya... insya Allah segera dicoba u/ bersihkan helm di rumah.

salam blogger n sukses selalu u/ sobat. happy blogging^^

Reply
avatar
20 Maret, 2012 delete

saya malah gak terlalu peduli mas dengan helm. tapi setelah membaca artikel ini saya jadi ingin membersihkan helm saya.. makasih mas atas infonya...

Reply
avatar
Anak Rantau
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

Kalo aku biasanya pake lap kain, tapi kadang2 malah menyebabkan goresan kainnya sob hehehe...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@Jejak Puisi sama sama.. sukses juga buat sobat..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@Deby Putra Bahrodin jangan begitu dong ntar dibilang jorok wkwkwk.. ok sama sama...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@Anak Rantau kalau langsung tanpa dibersihin kan sama aja di amplas sob kacanya...

Reply
avatar
KangFarhan
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

hehehe...saya sering pake kit semprot aja nih bang...hehehehe...kinclong abis

Reply
avatar
MAsChandra
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

siippp..tips yg sangat istimewa nih bang...ntar saya gosok deh kaca helmku...hehehehe
makasih inpo bersih2nya bang

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@KangFarhan kalau body helm mungkin lebih kinclong, tapi kalau kaca helm apa nggak tambah kusam mas...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@MAsChandra sama sama mas...

Reply
avatar
situsonline
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

keren abis tipsnya...!sepele tapi mengesannkan.!tips gaul deh...!

Reply
avatar
20 Maret, 2012 delete

ada satu lagi caranya.. lepas kaca dari helm, baru di cuci.. hehehe :D

nice tips sob, happy blogging :)

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@situsonline terima kasih mas..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@Ahmad Zuhdi Travelife iya sih, ada tapinya harus menyiapkan obeng segala hehe...

Reply
avatar
Ririe Khayan
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

hehehee..saya biasanya bersihin hel pake tisyu basah..kalau lagi inget sih..

Reply
avatar
arqu3fiq
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

Wah rajinnya. Aku gak pernah bersihin helm.

Reply
avatar
20 Maret, 2012 delete

kembali hadir gan.., sambil nyari2 postingan baru :)

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@Ririe Khayan ya nggak papa mbak, kalau pandangan masih enak dan nyaman...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@arqu3fiq saya rasa kalau nggak kotor nggak perlu...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@Lentera Langit terima kasih kunjungannya lagi, mungkin malem kamis sob hehe..

Reply
avatar
ubaybingokil
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

sama gan ternyata trik nya,, hehehehe,,,,

semoga bermanfaat untuk yang lain.. :)

happy blogging

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@ubaybingokil sama begitu juga.. iya sob mudahan bermanfaat untuk yang lain...

Reply
avatar
bopfive5
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

wah berguna sekali nih...aku menggunakan helm sehari2...tp cuma tak lap aja jarang pk tips ini ok boleh di coba nih thnks

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@bopfive5 iya sob dicoba aja..

Reply
avatar
20 Maret, 2012 delete

Wahh, manteb sob..
Saya kalo pake helm paling 2 bulan udah ganti kaca..soalnya lecet terus...ngelapnya pas masih berdebu dan berpasir..

Reply
avatar
Goiq
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

terima kasih tips nya.. berguna sekali buat saya yang pengguna kendaraan motor ini :)

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@muhammad hidayat kelamaan itu sob, kalau saat ada pasirnya saat itu juga sudah baret...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
20 Maret, 2012 delete

@Goiq sama sama.. perlu banget itu mas, apa lagi setiap hari digunakan dan terkena hujan segala...

Reply
avatar
Tonny Mondong
AUTHOR
21 Maret, 2012 delete

kebetulan helm punya teman kotor banget, ntar disuruh baca ini aja deh :)
makasih sudah berbagi sobat baik :)

Reply
avatar
21 Maret, 2012 delete

Bagus tipnya dan sangat berguna....

Reply
avatar
Dumuk Struck
AUTHOR
21 Maret, 2012 delete

Dari pada kita harus ke tempat pencucian helm mending kita sendiri yang membersihkan hehehe
NIce tips sob :-)

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
21 Maret, 2012 delete

@Dumuk Struck bener tuh.. jadi nggak kehilangan uang he..

Reply
avatar
AgusSetya
AUTHOR
21 Maret, 2012 delete

tips yang berguna sob, helmku sering kubawa saaat hujan dan pandangan jadi kabur, coba aku terapkan :)

Reply
avatar
Seo Cetek
AUTHOR
21 Maret, 2012 delete

Saya suka dengan tips ini,terimakasih

Reply
avatar
Lensa
AUTHOR
21 Maret, 2012 delete

Patut dicoba nih, helm saya juga dah lama. Agak kurang nyaman sih kalau malam :)
terimakasih bos

Reply
avatar
21 Maret, 2012 delete

saya coba yaa...soalnya helm saya kotor sih..thnks sob..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
21 Maret, 2012 delete

@AgusSetya silahkan mas, mudah mudahan lebih enak mata memandang hehe...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
21 Maret, 2012 delete

@Seo Cetek terima kasih kembali...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
21 Maret, 2012 delete

@Lensa silahkan, memang kalau malam harus kaca yang bening dan bersih lebih nyaman...

Reply
avatar
Viira Corner
AUTHOR
22 Maret, 2012 delete

waaahh...
gampang yaa ternyata cara ngebersiinnya...
ak mau request bang...
kapan* share donk cara nyuci helm sampe dalem*.nya biar irit bisa nyuci sndri...
hehehehehehhe :D

Reply
avatar
katils
AUTHOR
22 Maret, 2012 delete

untung sy gak punya helm hehe...

Reply
avatar
Zona Copas
AUTHOR
22 Maret, 2012 delete

sy gak puny motor jd gak puna helm

Reply
avatar
22 Maret, 2012 delete

Sayang motor ajah aku ga punya ahahahah

Reply
avatar
shinigami
AUTHOR
22 Maret, 2012 delete

helm ku ga ada kacanya bang
hahahay
terus di apain tuh ?

Reply
avatar
arie5758
AUTHOR
22 Maret, 2012 delete

Memang bersihkan pakai tangan lebih aman untuk kaca helm.. apa pernah bersihkan spon alias daleman helm juga gan? :)

Reply
avatar
rizki_ris
AUTHOR
22 Maret, 2012 delete

Kunjungan malam sobat
Maaf baru berkunjung
Wah makasih tipsnya, sekarang jadi kinclong helmya

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
22 Maret, 2012 delete

@Viira Cornerhemm.. iya mudah mudahan ada waktu...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
22 Maret, 2012 delete

@katils punya juga nggak papa to kalau mo pergi bawa motor nggak minjem^^..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
22 Maret, 2012 delete

@Zona Copas ya nggak papa sob, wajar itu...

Reply
avatar
Jejak Puisi
AUTHOR
22 Maret, 2012 delete

kembali berkunjung tuk menyambung silaturohim sesama blogger.

salam sukses n semangat selalu sob. ditunggu artikel selanjutny... ;)

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@shinigami ya bersihin bodinya aja sob..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@arie5758 ya pernah mas, kalau saya biasanya sudah lama dan warna sedikit berubah..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@rizki_ris malam juga, sama sama...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@Jejak Puisi terima kasih, sukses juga buat mas...

Reply
avatar
23 Maret, 2012 delete

bagus banget tipsnya, helm di rumah jarang saya bersihin. hehe. salam kenal

Reply
avatar
Kocak konyol
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

wow makasih sob infonya
menarik patut di coba nich triknya

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@sandyirwansyah salam kenal kembali...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@Kocak konyol sama sama silahkan di coba...

Reply
avatar
Fahri Samudra
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

Wah, mantap nih, helm ane juga kaca pelangi Mas, terima kasih atas tipsnya, ane praktekkan deh

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

@Fahri Samudra iya silahkan, mudah mudahan bermanfaat...

Reply
avatar
blogtronyok
AUTHOR
27 Maret, 2012 delete

klo gw biasanya ngelepas kacanya dulu Sob..
jadi busanya ga sampe kena air.. :)

Reply
avatar
06 April, 2012 delete

nanti saya coba !!
makaish tipsnya ..
salam sukses gan ..

Reply
avatar
11 April, 2012 delete

jasi ga perlu lagi nih cape cape ke tempat pencucian helm..

Reply
avatar

Terima kasih sahabat sudah :
1. Berkomentar
2. Tidak memasukkan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar sara/porno EmoticonEmoticon