Hari Raya Nyepi dan Ogoh - Ogoh

Hari raya nyepi dan ogoh – ogoh, semua masyarakat Indonesia pastinya sudah mengetahui tanggal 23 Maret 2012 adalah hari raya untuk umat Hindu. Nyepi ini dimulai dari jum’at sebelum matahari terbit hingga sabtu pagi setelah matahari terbit, dalam satu hari satu malam ini tidak ada aktifitas seperti biasanya.


Mereka berpuasa, mati geni (tidak ada cahaya api). Jika kita tinggal di wilayah ini pastinya akan banyak rumah yang gelap dan sunyi, sobat blogger bisa bayangkan sendiri deh. Namun sebelum hari H tiba ada beberapa kegiatan yang di lakukan.


Sebelum hari H ini, mereka sebelumnya membuat kreatifitas berbagai macam bentuk yang di kenal dengan nama ogoh – ogoh. Kemudian di iring sepanjang jalan wilayah sekitar, setelah berkeliling sebelum jam 00.00 dini hari ogoh – ogoh ini dibakar sebagai tanda pengusiran Bhuta Kala dari lingkungan.

Seperti apa ogoh – ogoh dan pembuatannya, simak keterangan dibawah ini :

Pembuatan rangka : Rangka sangat penting dalam pembuatan ogoh – ogoh selain sebagai rangka bodi tentu harus kuat juga, kesulitannya adalah dasar bentuknya jika kurang pas tentu hasilnya nanti juga kurang maksimal. Campuran besi dan bambu dibentuk sedemikian rupa.
Pemberian busa : setelah pembuatan bodi tentu pemberian busa (tergantung si pembuat) terkadang menggunakan kertas semen, tapi sedikit lebih beresiko jika menggunakan kertas semen, yaitu mudah robek. Pemberian ini untuk menutup rangka sekaligus pembentukan yang sesuai seperti tangan dan kaki.
Pengecatan : ini yang penting, dengan pengecatan akan tampak seperti lebih nyata, butuh kreatifitas dan seni untuk mewarnai ogoh – ogoh ini, jika pengecatan tidak pas tentu akan tidak sesuai malah bisa jadi malah tampak lucu.
Kepala : Kepalapun tak kalah pentingnya, pembentukan yang menyesuaikan dengan rancangan badan cukup sulit, kreatifitas kembali dibutuhkan. Karena harus pas kepala dengan badan, kekecilan atau kebesaran kepala pasti akan tampak aneh.


Setelah semua selesai dan waktunya, kini ogoh – ogoh ini di arak ke jalan – jalan. Semua tergantung besar kecilnya pembuatan, jika kecil cukup di arak keliling dengan beberapa orang, bila pembuatannya besar mobil sebagai pembawa. Mendekati tengah malam ogoh – ogoh ini dibakar sebagai pengusiran Bhuta Kala dari lingkungan karena mereka ingin melaksanakan puasa.
Previous
Next Post »

122 komentar

Write komentar
Hiaku Herry
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

Selamat hari raya nyepi bagi yang merayakan :)

Reply
avatar
Falah Mulyana
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

Falah Mulyana berkunjung/bersilaturahmi di blog sobat sebelum Falah Mulyana melakukan aktifitas,,,,,,

Nice share sobat and happy blogging sobat

Reply
avatar
23 Maret, 2012 delete

nggak kebayang yang ngangkat ogoh-ogoh. Pulang-pulang pasti linu semua.

Reply
avatar
23 Maret, 2012 delete

wah ada tradisi sebelum mereka nyepi (berpuasa) ya gan, baru tau ni. itu bikinya setiap desa atau cukup perwakilan satu aja?

Reply
avatar
Peduli AlamKu
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

ga boleh nyalain lampu? wah ga bisa membayangkan loh. tapi ngeblog boleh ga ya? hehe.

Reply
avatar
HP Yitno
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

Oh jadi itu toh yang dinamakan ogoh-ogoh. Serem juga ya bentuknya.

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@Hiaku Herry hehehe... malah saya belum mengucapkan itu ya...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@Falah Mulyana terima kasih mas...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@sandyirwansyah iya sob, linu + capek, tiap lewat depan rumah harus disiram air oleh masyarakat.. untuk mendinginkan badan mereka...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@HP Yitno lumayan serem mas, tapi di bandingkan yang terdahulu lebih serem yang buatan dulu mas...

Reply
avatar
23 Maret, 2012 delete

hihi lucu ogoh-ogohnya..

Reply
avatar
23 Maret, 2012 delete

ayo 'nyepi'dikamar alis tidur siang.... *smile

Reply
avatar
Mie
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

ogoh-ogohnya serem sob, tp jadi tau apa itu hari nyepi..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@Athifah Dahsyamar haaa... berarti nggak takut ya... itu siang kalau malem lebih serem lagi...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@Rohis Facebook wkwkwk... nyepi sesat..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@Mie begitulah sob, malem lebih serem lagi..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@cerita anak kost disaat nyepi itu puasanya.. tiap desa bisa sob asal ada dananya...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@Peduli AlamKu ya tetep nggak boleh lah sob.. beda kalau punya balita mungkin ada pengecualian...

Reply
avatar
23 Maret, 2012 delete

wehehe, . . Serem juga. . Kok kyk barong . .

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@Arief Rachmadi Blogger Pemula bentuknya emang macem macem sih sob...

Reply
avatar
23 Maret, 2012 delete

tkt ane lhatx.
Sreem...

Reply
avatar
Alprablog™
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

jadi pgn ke sana...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@ARIF HIDAYAT™ serem dikit kok sob...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@Alprablog™ kalau mau lihat sih malam sebelumnya...

Reply
avatar
Kang Farhan
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

hebat2 ya wong bali itu... buat ogoh2 guede gitu...

Reply
avatar
MAsChandra
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

ajib banget...tapi sereemmmmm////...hehehehe

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@Kang Farhan iya mas, tapi ini termasuk kecil... dulu pernah buat yang lebih besar...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@MAsChandra apalagi saat malam hari lebih serem...

Reply
avatar
Lensa
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

bos, saya mau nanya.. ogoh-ogoh itu untuk melambangkan apa ya? atau ada arti tersendiri?
Btw, saya salut ama yang membuatnya

Reply
avatar
Suratman Adi
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

Aku mbayangin bikin ogoh-ogoh rumit juga ya mas Agus. Butuh ketekunan dan kemahiran he..He..he

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@Lensa begini saya menggambarkan secara globalnya aja : ogoh ogoh itu dibuat untuk lambang "bhuta kala", sebagai penggangu manusia, jadinya setelah acara arak arakan selesai ogoh ogoh itu dibakar...

jadiya umat hindu yang akan melaksanakan puasa itu sudah tidak ada yang menggangu, karena ikut terbakar di ogoh ogoh itu...

ibaratnya jika di muslim setan atau jin tidak ada lagi yang menggangu manusia saat puasa ramadhan...

seperti itu...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
23 Maret, 2012 delete

@Suratman Adi bener banget mas.. butuh ketelitian dan kreatifitas...

Reply
avatar
Asis Sugianto
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

wah kemrin hari raya nyepi yach sobat, wah sy baru tahu ogoh-ogoh itu seperti apa sobat...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

@fajar terima kasih...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

@Asis Sugianto iya mas, ya seperti di gambar itu, tapi kalau bentuknya beda beda...

Reply
avatar
haris widodo
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

lebih serem pocng kayaknya..

Reply
avatar
Fayes Cool
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

baru tau nih tentang ogoh ogoh, nice share happy blogging

Reply
avatar
24 Maret, 2012 delete

nice posting...maaf bari bisa mampir. Wach...ternyata seperti itu yach cara bikinnya....kreatif

Reply
avatar
ARMAN
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

Semoga ga ketelatan, Met Hari Saya nyepi sobat hehehe saya paling sneng nonton ogoh di wilayah saya

Reply
avatar
Fahri Samudra
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

Wah, asyik, bisa lihat "behind the scene" pembuatan Ogoh-ogoh, ternyata seperti itu ya

Reply
avatar
yadibaroos
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

budaya bangsa, perlu dilestarikan yang beginian nih

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

@haris widodo iya sob apalagi jika ente di deketin...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

@Urang Kampoeng sangat sederhana, tapi harus kreatif...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

@ARMAN hehe.. oow disana ada juga ya mas..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

@Fahri Samudra iya sob, mudah kan... sangat sederhana..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

@yadibaroos iya tuh kalau di bali sepertinya sudah di katakan sebagai pelestarian untuk pariwisata...

Reply
avatar
EYSurbakti
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

oh iya, kemaren habis nyepi ya,
selamat ya buat yang merayakan .. :)
wuis, yakin dah ..
perlu skill tinggi noh bang buat bikin ogoh-ogoh ..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

@EYSurbaktiiya.. banget tuh skil terutama..

Reply
avatar
24 Maret, 2012 delete

pasti seru bgts ea

Reply
avatar
Mugniar
AUTHOR
24 Maret, 2012 delete

Buat ogoh2nya itu seru yah ... ^__^

Reply
avatar
eksak
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

Merayakan juga ya, sob? Hehehe

Reply
avatar
25 Maret, 2012 delete

Selamat Hari Raya Nyepi bagi yang merayakan :D

Reply
avatar
eksak
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

Merayakan juga ya, sob? Hehehe

Reply
avatar
Amazingtutor
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

Terimakasih atas infonya...

Reply
avatar
25 Maret, 2012 delete

keunikan dari sebuah perayaan yang semakin mengenalkan kebudayaan indonesia...nice sahre and happy blogging Sob

Reply
avatar
sanman
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

konon harga sebuah ogoh2 bisa mencapai puluhan juta. Tapi, abis itu dibakar :((

Reply
avatar
Tonnys
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

jadi penasaran dengan suasana kota yang sangat sunyi, tenang, lagi membayangkan itu semua ni bang hehe
maaf baru bisa kesini lagi :)

Reply
avatar
asfa blog
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

kepengin lihat langsung bos,kapan ya saya bisa kesana

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

@KAPAK Comunity seru sih banyak yang nonton...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

@eksak hanya ikut pawainya aja...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

@Rama Arif Maulana terima kasih, nanti saya sampaikan hehe...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

@Iskaruji dot com iya om, denger denger sih gubernur di bali sudah memutuskan bahwa ogoh ogoh sebagai icon pariwisata...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

@sanman ya begitulah... namanya juga mungkin sebuah perayaan dan masih ada hubungan dengan adat, ya mo gimana lagi...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

@Tonnysiya mas tony, terasa sunyi dan gelap.. is ok...

Reply
avatar
25 Maret, 2012 delete

ane mah waktu kecil suka takut sama ogoh2..hehhe

Reply
avatar
25 Maret, 2012 delete

Wah emang kreatif yang bisa bikin ogoh-ogoh :)

Reply
avatar
25 Maret, 2012 delete

jadi penasaran
pengen liat langsung ogoh-ogoh haha
ogoh-ogoh punyanilai mistis gak yaa ?

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

@Misteri Segitiga Bermuda namanya juga masih kecil, saya juga dulu begitu..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

@Coretan Pemula begitulah... emang kreatif sangat diperlukan...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

@Patricia Alvani Gultom belum pernah lihat langsung ya.. ada atau nggaknya sih sedikit...

Reply
avatar
25 Maret, 2012 delete

Emmmm Disini biasaX serem ogoh2X tapi tumben kemaren tanggal 23 gak serem :D

Reply
avatar
anisayu
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

kalo sepi tambah gelap

pasti sunyi senyap

maka dinamakan hari raya nyepi
gitu ya :)

Reply
avatar
rizki_ris
AUTHOR
25 Maret, 2012 delete

Kunjungan malam sobattt
wihhh proses buatnya ruwet juga ya sobaat

Reply
avatar
Asis Sugianto
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

mampir pagi di blog sobat...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@system of blog mungkin ingin membuat ogoh ogohnya agak beda...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@anisayu bisa juga mbak...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@rizki_ris lumayan sih, makanya nggak semuanya umat Hindu bisa buatnya...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@Asis Sugianto pagi juga mas.. terima kasih...

Reply
avatar
26 Maret, 2012 delete

wah, saya jadi tahu ada ogoh2 juga

Reply
avatar
Alprablog™
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

hadir lg sob :D

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@asfa blog tahun depan dong, tapi rencananya tahun depan akan ada ogoh ogoh se Lampung, mungkin lebih beraneka ragam...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@7 shadowz itu sih hal yang biasa...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@just copy and leave it !!! tetep aja nggak bisa sob, kecuali niatnya begitu...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@achoey el haris disana ada juga ya...

Reply
avatar
cik awi
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

ogoh2 nya cukup unik ya sob..

Reply
avatar
Mitospedia
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

Wah seperti ini toh tradisi ogoh ogoh. :) baru tau saya.

Reply
avatar
arr rian
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

belum pernah lihat, tapi berkat postingan kamu., saya bisa banyak tau :D makasih ya

Reply
avatar
Si Belo
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

heheh...baru tau kalo ada acara ritual begini :D kok gak ada futu pas ogoh2nya dibakar ya..:)

Reply
avatar
Anak Rantau
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

Baru tahu aku sob :D
Serem juga ya bentuknya, thanks sob sharenya :)

Reply
avatar
Dom2q
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

Lucu ogoh"nya gan.

Reply
avatar
Ririe Khayan
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

Ogoh-ogoh...belum prnh lihat neh..TFS ya:)

Reply
avatar
applausr
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

kalau di jakarta liburan panjang kalau di bali malah nyepi ya... bali memang top... salah satu tempat didunia yang bisa mematikan aktifitas airportnya yang ramai itu selama satu hari penuh.. mantap..

Reply
avatar
26 Maret, 2012 delete

Banyak patung-patung yang nantinya akan dibakar sepertinya pada acara tersebut yah

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@cik awi kalau dibilang unik, ya unik juga emang mas...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@arr rian sekarang dah lihat kan.. sama sama...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@Si Belo dapet foto beberapa kali, berhubung nggak jelas hasilnya akhirnya nggak di pasang..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@Anak Rantau sama sama, seremnya kalau ketemu pas mulai magrib gitu sob..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@Dom2q masak sih lucu..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@Ririe Khayan ne sekarang dah lihat kan.. TFS apa sih mbak?

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@applausr iya tuh aktifitas bandara diberhentikan sementara...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@Blog Keperawatan ya ogoh ogoh aj yang dibakar saat itu...

Reply
avatar
26 Maret, 2012 delete

keren mas... made in sendri fotonya.. sayangnya agak blur ya mas... semoga tahun depan saya bisa langsung review kesana mas.. aminnn.... terima kasih ya mas atas infonya :)

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@Deby Putra Bahrodin maklum sob kameranya bukan kamera bagus hehe.. ok silahkan.. sama sama...

Reply
avatar
Lensa
AUTHOR
26 Maret, 2012 delete

@agusbg
Oh begitu.... Makasih ya kawan, jadi tau sekarang :)

Reply
avatar
ArhyErna_Blog
AUTHOR
27 Maret, 2012 delete

keren dan seru yach ngerayai hari nyepinya sobat......!!!

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
27 Maret, 2012 delete

@ArhyErna_Blog ya seru sih waktu arak arakannya, cuma saya muslim lho...

Reply
avatar
29 Maret, 2012 delete

saya kemarin juga ikut nyepi sob, saya rayakannya di kota kelahiran Tasikmalaya. Menyepi dari koneksi berbau internet dari tanggal 23 - 28 Maret,,, hehehee,,,

selamat merayakan dech bagi yang beragama Hindu

wilujeng ngeblog

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
29 Maret, 2012 delete

@Sakahayang Kang Asep hehe... pulang kampung ya om..

Reply
avatar
07 April, 2012 delete

bikin ogoh2 itu pasti biayanya mahal ya ?

Reply
avatar
Diana
AUTHOR
09 April, 2012 delete

saya bahkan baru pernah liat ogoh2. soalnya ga pernah liat perayaan nyepi.

Reply
avatar
Harun Ar
AUTHOR
21 April, 2012 delete

Wua.. sebelum nyepi tentu meriah ya..., karena ogoh ogoh diarak keliling kota

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
21 April, 2012 delete

mmh begitu.. ok deh...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
21 April, 2012 delete

rame om, banyak yang ngliat + macet...

Reply
avatar

Terima kasih sahabat sudah :
1. Berkomentar
2. Tidak memasukkan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar sara/porno EmoticonEmoticon