Helm Saat Berkendara

Helm saat berkendara, sudah sering kita mendengar tentang penggunaan helm pada saat berkendara. Ntah itu pembawa motor ataupun sebagai boncenger diwajibkan selalu menggunakan helm.

Share kali ini bukan tentang SEO, melainkan berbagi pengalaman saat berkendara menggunakan helm beserta manfaatnya. Mungkin sebagian sobat – sobat blogger semua pernah sama seperti yang saya alami.

Musibah ataupun sebuah kecelakaan memang tidak ada yang menginginkan, tapi saat berada di jalanan tidak akan ada yang tahu kapan dan dimana musibah menimpa kita, kita menabrak atau kita yang di tabrak.
Perhatikan gambar dibawah ini…

Bahu / pundak
Gambar disamping adalah bahu saya sebelah kiri, sobat bisa lihat sendiri tulang yang menonjol bukan? Tulang tersebut patah, namun saya bersyukur bahwa tangan kiri saya masih normal dan bisa di gerakkan seperti biasa.
 
Lutut
Lutut gambar di samping terlihat goresan dua garis, itu adalah delapan jahitan dimana saya harus menginap semalam di rumah sakit.

Mungkin karena di lutut yang setiap harinya bergerak hingga terjadi seperti pada gambar.
Tungkai kaki
Tungkai kaki pun tak luput dari tragedi kecelakaan, tungkai kaki dengan 24 jahitan, dan kurang lebih dua bulan beristirahat menggunakan tongkat.

Terkadang tidak sengaja ke senggol benda keras membuat kaki saya terasa sakit.
 
Sebenarnya masih ada lagi yaitu kedua tangan terdapat banyak luka goresan aspal yang hingga kini tidak bisa hilang, namun tidak saya tamplikan gambarnya.

Kecelakaan tersebut di atas adalah kecelakaan yang pernah saya alami bukan hanya satu kali kejadian melainkan berkali – kali. Kalau hanya kecelakaan kecil dan sekedar lecet atau tergores aspal saya sendiri sudah lupa berapa kali mengalami jatuh dari motor.

Hubungannya share kali ini adalah semua kecelakaan yang saya alami tersebut selalu menggunakan helm, sehingga kepala saya masih terlindungi. Memang kecelakaan yang fatal helm pun mungkin tak berguna, namun setidaknya menggunakan helm yang benar mengurangi resiko di sekitar kepala (selain helm cetok).

Manfaat lainnya tentu selain kepala aman, juga agar tidak terkena tilang Bapak Polisi kan..? demikian share kali ini, moga bermanfaat untuk kita semua yang dalam keseharian selalu menaiki sepeda motor.
Utamakan Safety Riding dan patuhi rambu - rambu lalu lintas..
Previous
Next Post »

102 komentar

Write komentar
14 Maret, 2012 delete

waduh.. semoga kita terhindar dari yang dmikian ya sob. ngeri juga, tapi bagusnya ente mau berbagi agar kita tidak kejadian seperti itulagi. maksih ya sob. helm emang penting, bukan cuma karena polisi.
Btw, Bongcenger? ada ada aja istilah itu... hahah

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

@cerita anak kost terima kasih, hehe maksudnya boncenger sob..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

@Fahmi Setiawan bener tuh.. setidaknya mengurangi benturan di kepala, baiknya ber SNI...

Reply
avatar
Anak Rantau
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

Betul sob, ane juga pernah tuh jatuh saat naik motor, untung pake heml, kalo gak bisa abis gigi ane :D

Reply
avatar
Shinigami
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

xixixi
serem juga yah
kalau gitu terbang aja lah :D

Reply
avatar
Juli suhendri
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

waduh.
parah juga yaa bang .
saya juga pernah jatuh , tapi alhamdulillah nggak separah itu .
semoga kita di jauhkan dari hal-hal yang seperti yaa .

boncenger itu bahasa apa bang?
hehehe
kreatif banget si abang .
:D

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

@Anak Rantau hehe.. banyak yang ngalamin kejadian gitu sob, gigi patah...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

@Shinigami hemm... nggak serem amat kok..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

@Juli suhendri iya neh mudah mudahan yang pernah terjadi kecelakaan tidak terulang kembali.. dan yang belum pernah jangan sampek...

Reply
avatar
14 Maret, 2012 delete

Semoga pengalaman tersebut menjadi pengalaman untuk kita semua setidaknya agar berhati-hati..thank's telah berbagi

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

@Dadang Supriadi iya mas sama sama...

Reply
avatar
Zainudin
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

Sedia payung sebelum hujan..pakai helm agar tak celaka.

Reply
avatar
14 Maret, 2012 delete

wah wah ngeri ane liatnya sob -_-"
kalo berkendara kudu ati2 sob... :)

Reply
avatar
cupZ
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

setuju banget guss!! pake helm bukan untuk polisi,, tapi pake helm untuk keselamatan jiwa kita sendiri! :D :D :D *saya pernah ingin buat tulisan ttg itu,, tp blm kesampean*

makasih atas sharing pengalamanmu,, ini berarti banget buat saya,, utk lebih waspada n senantiasa 'sedia payung sebelum hujan'

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

@Zainudin kurang lebihnya begitu.. karena kita tidak tau dijalan, kita sudah ati ati tapi pengendara lain belum tentu...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

@Cirebon-Cyber4rt bukannya harus hati hati aja, tapi waspada juga...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

@cupZ bener sob, ya di tulis juga nggak papa... pastinya kan agak sedikit beda...

Reply
avatar
®obinhut
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

Saya suka artikel anda. . . Pakailah yang standar, agar bisa selamat dan sehat. . .

Reply
avatar
®obinhut
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

Biasanya gara2 deadline, orang2 pada mau racing semua jadinya. . . Hm. . .

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
14 Maret, 2012 delete

@®obinhut iya, kadang kadang disepelekan, mungkin malah menggangu bagi mereka jika menggunakan helm...

Reply
avatar
15 Maret, 2012 delete

Wah... kisahnya bisa jadi contoh buat kita2 tuk berhati2 naik kendaraaan...

Reply
avatar
ARMAN
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

Waduh jangan-jangan ente pembalap ya sob?...Ngomong-ngomong saya juga pernah cedera di bahu tapi sebelah kiri patah menonjol seperti punya sob...semoga dapat dijadikan sebagai pelajaran menarik agar kita selalu hati2 dalam berkendara...Nice sahre

Reply
avatar
Asis Sugianto
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

bener sekali apa yang sobat katkan, sy sangt bersyukur karena sobat tidak apa-apa dan sobat bisa berbagi tips, kebetulan sy setiap harinya naik motr sob...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

@Kumpulan Adsen Blogspot iya, mudah mudahan bisa buat contoh...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

@ARMAN hehe pembalap jalanan (becanda).. sama dong mas, ya kita jadikan pelajaran aja...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

@Asis Sugianto terima kasih mas, ya mudah mudahan mas selalu lancar dalam berkedara...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

@Asalasah Artikel Pilihan bener banget, terutama sarung tangan, dan sepatu, jika touring sebaiknya lutut menggunakan pad pelindung...

Reply
avatar
15 Maret, 2012 delete

alhamdulilah masih diberikan keselamatan sob, ane juga pernah kecelakaan motor, tapi alhamdulilah luka ringan:}

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

@Muro'i El-Barezy iya mas, syukur deh kalau hanya sekedar ringan...

Reply
avatar
Tabah
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

wah ngeri amat bang. . .. merinding aku bayanginnya. ...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

@isman benar mas.. dan selalu waspada dan kita harus replek saat seseuatu akan terjadi...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

@Tabah hehe.. ya udah ga usah di bayangin...

Reply
avatar
srulz
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

kalau saya, bagian muka.. masih ada bekas kayak diparut.. wkwkwkw.. :D alhamdulillah, masih bisa blogwalking.. :D

Reply
avatar
15 Maret, 2012 delete

Memang benar. Helm sangat penting utk lindungi kepala kita.

Sy sendiri juga pernah jatuh (tabrakan dulu ..), waktu itu jg ga pake helm. Hasilnya, 6 jahitan di alis ... smp kepala harus di rontgen ...

Posting yg manfaat ...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

@srulz hehehe... syukur deh masih bisa ngeblog^^...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

@Mohammad Fanirifanto untuk ya mas masih normal hehe... lumayan di alis 6 jahitan... terima kasih...

Reply
avatar
Alprablog™
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

heml memenag sangat penting :D

Reply
avatar
15 Maret, 2012 delete

Mantap infonya gan, btw selain helm pakai sepatu, jaket celana tebal seperti jean juga dapat memberi rasa aman berkendara..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

@Alprablog™ iya mas penting banget..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

@Fayes Cool Berkunjung Gan bener sob, terima kasih tambahannya...

Reply
avatar
15 Maret, 2012 delete

helm bagus kalau pengendaranya bagus juga...

Reply
avatar
15 Maret, 2012 delete

wah.... jd keinget wktu jtuh dr spd mtor dlu, untung ad helm ini, lw tdk mungkin q tdk sperti yg sekrng ini

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

@KAPAK Comunity beruntung ya.. memang perlu naik sepeda motor memakai helm..

Reply
avatar
sanman
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

Biasanya gara2 deadline, orang2 pada mau racing semua jadinya...

Reply
avatar
arie5758
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

Helm memang sangat penting utk keselamatan pengendara motor sob. Dulu saya paling meremehkan, kalaupun pakai helm paling cuma helm yg murah dan ga standart. Selain ringan, juga ga terasa panas saat berada di jalan lama.

namun setelah kecelakaan dan helm saya pecah menghantam aspal, saya baru nyadar... andai kepala saya masih melekat di helm tersebut. Untungnya saya terlempar ke sawah. Meski penuh lumpur, namun kepala dan badan saya masih aman.

Reply
avatar
ArhyErna_Blog
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

penting banget tuch sob...!! helm saat berkendara sob...!!!

Reply
avatar
Mie
AUTHOR
15 Maret, 2012 delete

wah, ane jg ngeri kalo ga pake helm.. Btw kapan itu kejadiannya?

Reply
avatar
16 Maret, 2012 delete

ngeri lihatx, smga it g trulang lg boz.

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

@sanman hehe iya biasanya mas...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

@arie5758 wah hehehe untuk kesawah mas.. bersyukur deh masih kesawah ya hanya kotor aja...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

@Mie ya sekitar 2 tahun ini...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

@ARIF HIDAYAT™ iya sob, mudah mudahan yang terakhir kali...

Reply
avatar
cik awi
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

wah ngeri gue sob nglihat gambar yg di postingan itu.. Smoga dapat mengingatkan kita dan lebih waspada dalam berkendaraan bermotor.

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

@cik awi iya mas, selalu waspada aja...

Reply
avatar
16 Maret, 2012 delete

wah ngeri sekali sob... :)
Jadi harus gunakan helm biar tidak terjadi apa2 pada saat berkendara

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

@Black Angel Syndicate maksudnya helm untuk melindungi kepala kita, kalau tidak pakai helm bisa aja kepala kita terseret saat kita kecelakaan...

jika pakek helm, setidaknya mencegah kepala bersentuhan dengan aspal..

Reply
avatar
16 Maret, 2012 delete

care terhadap keselamatan berkendaraan salah satunya adalah dengan menggunakan helm. walaupun kadang hanya sekedar bar gak ditilang polisi aja...hehe.. nice share and happy blogging!

Reply
avatar
HP Yitno
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

Sharing yang bagus sob, sekalian mengingatkan para pengendara sepeda motor supaya selalu memakai helm. Memakai helm saja bisa parah lukanya, apalagi nggak memakai helm.

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

@ione day kalau perjalanan jauh harus itu.. lebih baik lagi menggunakan helm fullface..

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

@Iskaruji dot com iya om, kebanyakan juga dengan tujuan itu...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

@HP Yitno bener banget mas.. sangat penting, saya sendiri sudah buktiin he...

Reply
avatar
Alprablog™
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

hadir lg di sini :)

Reply
avatar
16 Maret, 2012 delete

hmmm.. memang harusnya selain helm sebagai pengendara yang baik kita juga perlu memakai perlengkapan safety riding lainnya seperti jaket dan sepatu berkendara, sarung tangan, dll.. tapi over all, kembali lagi kepada kita untuk berhati-hati ketika berkendara.. :D

nice post sob, happy blogging :D

Reply
avatar
f4dLy :)
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

Jadi teringat kecelakaan yang kualami sebulan yang lalu. hari ini genap sebulan saat kecelakaan itu.
Bahkan hingga kini tanganku masih sakit, ada tulang yang bergeser

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

@Alprablog™ he.. ok, terima kasih mas...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

@Ahmad Zuhdi Travelife bener banget mas.. memang sih kembali ke kita masing masing.. masih banyak yang enggan menggunakan perlengkapan dalam berkendara...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
16 Maret, 2012 delete

@f4dLy :) wah mas semoga cepat sembuh ya... lebih hati hati dan waspada untuk kedepannya...

Reply
avatar
16 Maret, 2012 delete

nasihat yang bagus kawan...
ngeri ngeliat bekas lukanya...
Ya Allah lindungi aku dari semua hal itu...

Reply
avatar
Jejak Puisi
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

thanks sob atas pengalamannya. jadi lebih berhati2 ketika mengendarai sepeda motor. kata orang bijak; naik motor jangan lupa pake helm! :D

salam blogger n salam sukses u/ sobat^^

Reply
avatar
Asis Sugianto
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

mampir lagi sobat untuk menyambung silahturahmi

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

@asfa blog selama kita berhati hati dan waspada saya rasa tidak apa apa naek motor kok...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

@downtoearth-reachthesky amin, semoga kita semua terhindar sobat...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

@Jejak Puisi sama sama.. sukses juga buat sobat...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

@Asis Sugianto terima kasih mas sudah mampir kembali...

Reply
avatar
wahid sahidu
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

mantep bang infonya salam kenal

Reply
avatar
17 Maret, 2012 delete

habis kena musibah ya kawan..semoga cepat sehat kembali ya..trimakasih sudah berbagi artikel yang mengingatkan agar lebih hati-hati saat berkendara dan jangan lupa pake helm saat naik motor :)

Reply
avatar
LEMO HOMESTAY
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

nice share post ^_^

Reply
avatar
17 Maret, 2012 delete

wahh saya harus lebih berhati2 kalau berkendara mas & pelajaran yang saya dapat dari tulisan ini adalah: jangan pernah meremehkan untuk memakai helm :D

Salam.

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

@wahid sahidu terima kasih salam kenal kembali...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

@Fajar Kurniawan Januar Efendi iya mas, jika selain kepala mungkin masih bisa di tutupi.. tapi jika kepala pastinya sesuatu nggak enak banget...

Reply
avatar
17 Maret, 2012 delete

Artikel yang sangat bermanfaat nih bang..trims ya.

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

@ICAH BANJARMASIN sama sama bang, terima kasih kembali...

Reply
avatar
rizki_ris
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

Kunjungan siang
maaf baru berkunjung
memang kalau berkendara motor kita gak punya benteng seperti berkendara mobil
maka, kita wajib mjemakai pelindung tubuh seperti helm
nice post sobat

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

@berkah untuk masuk ansuransi memang ada baiknya untuk kedepannya sekaligus berjaga jaga apabila sesuatu terjadi pada kita... terima kasih infonya...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

@rizki_ris bener mas, menggunakan motor memang tidak ada benteng seperti pada mobil, untuk itu kita wajib lebih waspada dan perlengkapan standar sepeda motor akan meminimalkan...

Reply
avatar
Lensa
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

Terimakasih kawan telah berbagi. Memang benar kadang urusan helm sangat disepelekan. Saya pernah negur saudara saya, suruh makai helm, jawabannya ah nggak ada polisi koq. WADUUUH, ini anak tau fungsinya nggak? parah
Btw, semoga kejadiannya tidak terulang lagi ya...:)

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

@Lensa kebanyakan memang seperti itu jawabnya... biasanya kalau sudah kejadian akan mengerti sendiri fungsi dari helm...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

@ArhyErna_Blog iya bener banget, saya sudah membuktikannya...

Reply
avatar
arqu3fiq
AUTHOR
17 Maret, 2012 delete

Ya Allah.....Sumpah Ngeri, gue kapok kecelakaan, tulang yg menonjol itu sama kayak saya patah tapi tidak parah bagian kanan. Dan yang lebih parah gue gegar otak gara-gara helm gak "klik" helm melayang ke jalan raya alhasil kepala mendarat dengan indah di aspalan.

Oh...No...postingan ini mengingatkan tragedi itu.

Kesimpulan : Gunakanlah Helm dengan baik dan benar. Dan hati-hatilah dalam berkendara, jangan ngebut atau menyalahi rambu lalu lintas.

Reply
avatar
17 Maret, 2012 delete

wah bermanfaat nih sob... izin nyimak kembali

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

@arqu3fiq maaf ya kalau jadi inget sama tragedinya... ya itulah terkadang ada yang menggunakan helm tapi pengikatnya di biarkan sliwerean...

iya tuh, ukuran juga berpengaruh...

Reply
avatar
Asis Sugianto
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

kembali hadir di hari minggu ini utnuk menyambung silahturahmi sobat...

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
18 Maret, 2012 delete

@Asis Sugianto terima kasih... selamat hari minggu...

Reply
avatar
Harun Ar
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

Tampaknya bekas luka yang serius ya Gus..., Syukurlah bisa sembuh. Terima kasih telah berbagi pengalaman, agar kita semua berhati-hati di jalan

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
19 Maret, 2012 delete

@Harun Ar serius banget om.. sama sama...

Reply
avatar
widhi online
AUTHOR
22 Maret, 2012 delete

seremmm... jahitannya yang gak nahan :(

Reply
avatar
agusbg
AUTHOR
22 Maret, 2012 delete

@widhi online hehe.. ngliatnya emang ngeri mas, banyak yang bilang seperti itu...

Reply
avatar
07 April, 2012 delete

banyak hikmah dari tragedi yang si mas alami !!
semoga nanti ga penah ngalamin lagi kejadian seperti ini..

Reply
avatar

Terima kasih sahabat sudah :
1. Berkomentar
2. Tidak memasukkan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar sara/porno EmoticonEmoticon