Servis Setelah Mudik / Pulkam

Setelah melakukan perjalanan mudik yang cukup lama dan melelahkan biasanya motor mengalami penurunan performa atau komponen motor mengalami sedikit masalah, hingga kurang nyaman saat di kendarai saat ingin silaturahmi ke tempat saudara hehehe….

Sambil menunggu buka puasa tidak ada salahnya kita sebagai pemilik motor mengecek komponen – komponen yang dapat terjangkau, memang sebaiknya di bawa ke bengkel untuk service. Tidak ada salahnya juga jika kita yang melakukan sambil menunggu maghrib tiba.

Apa saja yang dapat kita lakukan untuk motor kita? Kita simak deh berikut ini..

busi
BUSI : Pemeriksaan pada busi, busi adalah komponen vital di pengapian, pemeriksaannya bisa melihat dari api busi itu sendiri apakah masih biru atau merah, tentu sambil membersihkan busi dari kerak yang biasanya menempel pada elektroda busi dengan amplas halus.






karbu
KARBU : Membersihkan karburator jika perlu, biasanya kelangsaman mesin susah di dapat. Kemungkinan karena ada debu, air dan kotoran. Kemudian cuci daleman karbu dengan bensin dan meniup dengan angin hingga bersih.






oli
OLI : Langkah berikutnya adalah oli, takutnya sampai dirumah saat di cek oli mesin kering karena terjadi kebocoran saat melakukan perjalanan mudik, namun kalau sudah lebih dari 3.000 km dan warna sudah hitam sebaiknya oli diganti karena mesin perlu pelumasan yang baik.






rantai
RANTAI GIR : Pelumas sudah aman lanjut ke rantai dan gir, ini salah satu komponen yang bekerja cukup berat jadi harus rajin diperiksa. Kencangkan rantai jika terjadi kendur agar tidak selip masuk ke dalam sprocket dan roda mengancing. Kemudian beri pelumas rantai agar tidak berisik saat dijalankan.





aki
AKI : Aki menunjang kestabilan kelistrikan di motor, perlu diperiksa cairan yang ada di dalamnya apakah berkurang, di aki tertera batas – batas minimal dan maksimal pengisian aki, sekaligus kabel penghubung aki min dan ples dibersihkan biasanya terjadi gumpalan yang dapat menghambat aliran arus.





rem
REM : Rem pastinya sangat penting, kondisi motor fit saat di gunakan tanpa rem tentu bisa berakhir di rumah sakit he… untuk pengecekan rem cakram dapat di lihat di master rem yang ada disebelah gas apakah masih banyak atau tidak ada, untuk teromol pengungkit kampas atau teromol tidak terlalu jauh. Tidak nyamankan saat mengerem kaki terlalu dalam menginjak tuas rem.



Demikian beberapa hal tersebut bisa kita lakukan ambil menunggu berbuka puasa…
Previous
Next Post »

26 komentar

Write komentar
E.D.A.L.O.G.I
AUTHOR
17 Agustus, 2012 delete

kunjungan silaturahmi sob...

semoga selamat sampai tujuan buat yang mudik...

Reply
avatar
17 Agustus, 2012 delete

sebaiknya ini juga dilakukan sebelum mudik ya sobat, trims sharingnya

Reply
avatar
cik awi
AUTHOR
17 Agustus, 2012 delete

Untuk menjaga hal2 yg ta di inginkan Sangat Perlu banget itu sob, kita harus periksa kendaraan sebelum untuk di bawa mudik berlebaran

Reply
avatar
applausr
AUTHOR
17 Agustus, 2012 delete

betul sebelum mudik motor harus diservice terlebih dahulu... tipnya sangat berguna buat para pemilik motor yang mau mudik tuh...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 Agustus, 2012 delete

terima kasih, amin...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 Agustus, 2012 delete

kalau itu sih wajib mas, sebelum mudik memang di service tapi biasanya setelah mudik lupa langsung di pakai buat arus balik lagi menuju tempat kerja...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 Agustus, 2012 delete

iya mas, menjaga keamanan apalagi membawa anak istri...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 Agustus, 2012 delete

terima kasih mas, nggak mudik neh masnya hehe..?

Reply
avatar
cik awi
AUTHOR
18 Agustus, 2012 delete

Lebaran sudah di ambang pintu ..Minal aidin walfaidzin mohon ma,af lahir dan batin ya sob..

Reply
avatar
18 Agustus, 2012 delete

Maaf OTT,
Teruntuk semua Sobat Muro’i El-Barezy, diri ini hanyalah manusia biasa yang tak luput dari segala khilaf dan dosa serta prasangka. Di penghujung bulan yang penuh berkah ini saya selaku Admin blog Muro’i El-Barezy, memohon maaf atas perkataan lewat tulisan baik yang disengaja maupun tidak. Semoga amal ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini diterima oleh Nya dan semoga kita kembali di pertemukan dengan bulan yang penuh berkah ini.
Selamat hari raya Idul Fitri 1433 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.
تَقَبَلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ
Semoga Allah menerima segala amal ibad kita. Amin.

Reply
avatar
Gopar
AUTHOR
18 Agustus, 2012 delete

yups bener sob,, kita wajib cek semua itu...

Reply
avatar
carikost
AUTHOR
18 Agustus, 2012 delete

iya gan. ehm, emang harus nya di service. ya yang ringan aja. ane dulu pernah nyerfis karbu gan, ternyata ga ngerti setingganya. akhirnya ke bengkel juga dah.. hahahahah. oh ya, maaf maaf kata ya kalau pernah salah di sini

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
18 Agustus, 2012 delete

iya mas minal aidin wal faizin juga ya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
18 Agustus, 2012 delete

amin.. minal aidin wal faizin mas...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
18 Agustus, 2012 delete

iya sob demi kenyamanan saat berkendara juga demi keselematan kita bersama...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
18 Agustus, 2012 delete

hehehe tidak apa apa, mungkin yang bingung seting udara aja... iya sobat mohon maaf lahir dan batin juga...

Reply
avatar
19 Agustus, 2012 delete

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
ketika akhir Ramadhan berlalu berganti fajar Syawal, izinkanlah saya mengucapkan salam dan doa,
Taqobalallahu minna wa minkum wa ja'alanallahu minal aidin wal faizin
Semoga ALLAH menerima amalan-amalan yang telah aku dan kalian lakukan ,
dan semoga ALLAH menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali kepada fitrah dan mendapat kemenangan,
SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA KEMENANGAN IDUL FITRI,
bila ada salah dan khilaf selama ini, baik yang disengaja atau tidak disengaja, mohon dimaafkan lahir dan bathin,
Wassalam

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
19 Agustus, 2012 delete

wlikmslam... amin... selamat hari raya idul fitri juga mas...

Reply
avatar
Asis Sugianto
AUTHOR
23 Agustus, 2012 delete

saya gak service sob, cuman ganti oli sj sobat...

Reply
avatar
Lensa
AUTHOR
24 Agustus, 2012 delete

wah asyik yang mudik...
Betul tuh apa yang disampaikan, biar lancar perjalanannya.
Oh iya, terlambat tapi tidak ada salahnya : Met idul Fitri ya, mohon maaf lahir dan bathin.

Reply
avatar
25 Agustus, 2012 delete

Sangat bermanfaat untuk pengendara motor.
Bukan untuk mudik saja, kayaknya penting buat sehari-hari..., agar selamat, lancar di perjalanan.

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
27 Agustus, 2012 delete

ya itu juga tidak masalah selama tidak ada problem...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
27 Agustus, 2012 delete

iya met idul fitri juga ya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
27 Agustus, 2012 delete

iya om, memang setiap waktu harus di cek agar tidak mengalami masalah saat digunakan...

Reply
avatar

Terima kasih sahabat sudah :
1. Berkomentar
2. Tidak memasukkan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar sara/porno EmoticonEmoticon