Hari Raya Kuningan 2012

kuningan
Hari raya kuningan, setelah kemarin hari raya galungan pada umat Hindu kini setelah 10 hari dari hari raya galungan mereka kembali merayakan hari raya, yaitu hari raya Kuningan. Hari raya Kuningan jatuh pada hari Sabtu tanggal 08 September 2012.

Seperti pada hari raya pada umumnya, menjelang pagi hari mereka ke pura desa untuk sembahyang di tujukan kepada para Dewa. Dalam niat itu bertujuan untuk meminta / memohon keselamatan, perlindungan dan tuntunan lahir bathin.

Selain sembahyang di pura desa tentu sebelumnya mereka sembahyang di pura masing – masing dirumah, karena inti dari hari raya ini memohon keselamatan dalam segala hal tidak lupa juga kendaraan ikut didalamnya, diberi sesaji dan berdo’a agar berkendara selamat.

Seperti gambar dibawah ini adalah hiasan sesaji dan itu berada di motor biasanya terpasang hingga esok hari…


Previous
Next Post »

34 komentar

Write komentar
08 September, 2012 delete

trimakasih infonya sobat, semua agama memang punya hari rya masing2 yah:}

Reply
avatar
Anak Rantau
AUTHOR
08 September, 2012 delete

Itu di daerah mana sob?

Reply
avatar
08 September, 2012 delete

Bagus tuh hiasan di motornya :)

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
08 September, 2012 delete

sama sama mas, iya beraneka ragam budaya jadinya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
08 September, 2012 delete

di daerah ketapang lampung selatan sobat...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
08 September, 2012 delete

iya mereka sangat pintar dalam membuat bahan dari janur, karena hampir tiap hari membuat model seperti itu...

Reply
avatar
HP Yitno
AUTHOR
09 September, 2012 delete

Kayaknya tempat tinggalmu beragam dengan orang-orang yang berbeda agama.

Reply
avatar
Zevin
AUTHOR
09 September, 2012 delete

Selamat hari raya kuningan bagi yg merayakan.

Blog kamu udah tak follback sob. Thanks udah follow blogku duluan.

Reply
avatar
budi os 19
AUTHOR
09 September, 2012 delete

Dari nama perayaan nya.. Hampir semua perlengkapan n atribut perayaan berwarna kuning ya sob..atau ga juga.. :)

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
09 September, 2012 delete

ohh, ini di lampung to?

Reply
avatar
10 September, 2012 delete

wah hari raya lagi gan, ehm, banyak amat ya... tapi yang penting khidmat dah :D

Reply
avatar
10 September, 2012 delete

wah kendaraan juga ikut di beri doa dan keselamatan toh. ehm, semoga memang jadi berkah dan tidak ada hal hal negatif

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 September, 2012 delete

iya mas ada Hindu, Islam dan kristen.. makanya namanya tempatnya "Tri Dharmayoga"...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 September, 2012 delete

sama sama terima kasih...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 September, 2012 delete

nggka juga mas, cuma nama hari rayanya aja... sama aja dengan nama tumpek kuning katanya begitu...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 September, 2012 delete

iya mas, 15 km dari Bakauheni hehe...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 September, 2012 delete

iya tuh sob... iyalah dan selalu rukun dengan agama lain (mudah mudahan)..

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 September, 2012 delete

iya sob di do'akan agar saat berkendara selamat kurang lebihnya seperti itu...

Reply
avatar
cik awi
AUTHOR
10 September, 2012 delete

Bagus dan rada2 unik motor yg di hias di hari raya kuningan ya..

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 September, 2012 delete

iya sudah adatnya seperti itu mas...

Reply
avatar
Asis Sugianto
AUTHOR
11 September, 2012 delete

oh 8 september kemarin hari kuningan yach sobat???

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 September, 2012 delete

iya mas bagi umat Hindu...

Reply
avatar
11 September, 2012 delete

postingan yg bagus sekali sobat, memang masing^ agama memiliki Hari besar, semoga dalam hari raya kuningan ini bisa membuat bahagia bagi penut agama tersebut,
terima kasih atas infonya

Reply
avatar
11 September, 2012 delete

ehm. tapi itu setiap kapan ya gan? kalau galungung kalau ga salah 210 hari, kalau ini? setiap 10 hari setelah galungung apa?

Reply
avatar
11 September, 2012 delete

kenapa ya kuningan ga libur national ya.. padahal kan hari besar buat agama hindu ya...

Reply
avatar
bopfive5
AUTHOR
11 September, 2012 delete

ya smoga besok dapet hari libur kayak hari raya yg lain thanks infonya sob

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 September, 2012 delete

iya mas bisa bahagia dan hidup rukun dengan tetangga beragama lain, terima kasih...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 September, 2012 delete

kurang tau kalau masalah itu, mungkin perlu di usulkan ke pemerintah ya he...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 September, 2012 delete

iya sob terima kasih kembali..

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 September, 2012 delete

wah ente ini.. galungan sob bukan galunggung emangnya gunung hehe... iya setelah 10 hari dari hari raya galungan...

Reply
avatar
12 September, 2012 delete

ou di lampung ya. kalau di bali kaya gini juga ga ya gan?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 September, 2012 delete

ya pastinya... warga di lampung juga kan asalnya dari sana, lagian itu kan seagama... kalau dengan hindu india kemungkinan beda sob..

Reply
avatar
Harun Ar
AUTHOR
22 September, 2012 delete

Ingat di kampung Bali dan kampung keling di p siantar dulu.
Selamat merayakannya....

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
24 September, 2012 delete

nggak pengen kesana lagi om..?

Reply
avatar

Terima kasih sahabat sudah :
1. Berkomentar
2. Tidak memasukkan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar sara/porno EmoticonEmoticon