Ogoh Ogoh 2013

Ogoh – ogoh 2013 – Hari ini tanggal 12 Maret 2013 umat Hindu melaksanakan Nyepi, hingga mala mini hampir semua rumah di sekitar wilayah tempat saya tinggal lampu padam. Sebenarnya saya ingin posting tentang pawai ogoh – ogoh yang terjadi kemarin sore, sehubungan sedang kerja akhirnya tidak dapat terlaksana. 

Namun sehari sebelumnya, saya sempat mengambil fhoto sesaat setelah jadi, pembuatan ogoh – ogoh 2013 ini sedikit lebih kecil dibandingakn tahun lalu. Sobat bisa melihat perbedaan gambar dibawah, karena menurut masyarakat pembuatan lebih kecil agar lebih ringan saat diarak keliling kampung sebelum dibakar.

ogoh ogoh 2012
2012


ogoh ogoh 2013
2013

Previous
Next Post »

87 komentar

Write komentar
12 Maret, 2013 delete

konon kabarnya sosok AU, mantan ketua umum partai "D" juga dibuat dalam bentuk ogoh-ogoh ya, tapi kemudian dilarang untuk di arak.... :-)

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

jangan hanya au mestinya ya mas, hehe

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

kalo saya suka banget yang omed-omedan, Mas.

Reply
avatar
Zig Zoor
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

ogoh-ogoh itu apa ya sob.

Reply
avatar
KY
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

ooo...itu rupanya agoh-agoh, untuk upacara apa tu

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

iya mas mas... katanya begitu ada yang buat au

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

omed-omedan itu apa to mas?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

ogoh-ogoh itu sebagai lambang keburukan atau kejahatan mas

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

ogoh-ogoh mbak KY, upacara sebelum hari raya nyepi untuk umat Hindu mbak...(sebelum acara puasa di mulai)

Reply
avatar
Wisata Murah
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

weh ogoh ogohnya sampai lampung juga to, hehehe keren sob

Reply
avatar
vina devina
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

ogoh2 itu apa sih mas

Reply
avatar
Agus kompac
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

mati lampu sob!selamat hari nyepi untuk yang melaksanakan nya.mari kita jaga kerukunan antar umat beragama

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

bhaha iya mas sampai lampung...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

seperti yang saya jawab pada mas zig zoor itu mbak, sebagai lambang aja karena ingin melaksanakan puasa...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

iya sobat karena di mereka ada istilah "mati geni" jadi tidak ada penerangan, betul kita memang harus menjaga kerukunan umat beragama, terima kasih...

Reply
avatar
cik awi
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

Tradisi mengarak ogoh2 nya unik ya...

Reply
avatar
Uswah
AUTHOR
12 Maret, 2013 delete

waaaah disana sini rame ogoh ogoh yaa.. serem keliatannya tapi unik dan menarik :)

Reply
avatar
12 Maret, 2013 delete

Kayaknya meriah banget ya yang bawa ogoh ogoh

Reply
avatar
Masnady
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

di tempat saya juga banyak orang bali yang merayakan nyepi sobat, namun nggak pernah ada yang namanya ngarak ogoh-ogoh.. kurang seru dech heheheheheh

Reply
avatar
13 Maret, 2013 delete

mungkin semacam ondel ondel aj ya mas? tapi ini melambangkan kejahatan, betul ga tuh hehehe

Reply
avatar
13 Maret, 2013 delete

lebih kecil biar hembat biaya ,
Budaya dari Bali yang begitu mewabah dan meriah. Bisa untuk sarana hiburan.

Reply
avatar
infosaja.com
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

Ogoh-ogoh berarti maknanya membuang yang jahat dan melakukan yang baik,bukan begitu kah Mas :)

Reply
avatar
Kstiawan®
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

cuma di tempat saya aja yang ada Omed-omedan.hehehe

Reply
avatar
Kstiawan®
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

itu Ogoh-ogoh di daerah mana ya?

Reply
avatar
lukman hakim
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

selamat malam sobat..
pawai ogoh-ogoh itu berupa pawai apa yah sob?
jujur aku kurang tahu.. :D

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

omedan itu apa sih

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

iya sob, perlu banyak orang membawanya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

iya mbak serem, apalagi pas lewatnya disaat mabgrib...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

meriah sob, rame sih...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

itu tergantung dana dengan orang yang bisa buat mas, kalau yang buat nggak ada biasanya tidak bikin...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

bisa juga dibilang begitu mas, lambang ini istilahnya saat setelah dibakar menandakan bahwa mulai paginya menjalankan puasa para setan dan sejenisnya sudah tidak mengganggu lagi karena sudah dibakar, istilahnya seperti itu...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

irit biaya + lebih ringan hehe... iya mas bisa buat hiburan karena mengaraknya dijalan...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

iya, supaya tidak ada lagi yang menggangu saat menjalankan puasa itu sob...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

di daerah lampung selatan mas...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

malam, karena umat hindu mau menjalankan hari raya nyepi mas, makanya sebelum waktu dimulainya mereka membawa ogoh ogoh itu keliling kampung, setelah itu dibakar agar saat menjalankan puasa mereka mereka merasa nyaman...

Reply
avatar
wongcrewchild
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

ogoh-ogoh, tdak hanya sekedar rupa, tetapi sarat makna filosofis bagi kehidupan,
toleransi beragama yg mesti sllu dijaga...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Maret, 2013 delete

iya bener mas, terima kasih...

Reply
avatar
Andy Borneo
AUTHOR
14 Maret, 2013 delete

kalau diliat2 ukuran'nya kayak'nya sama aja ya.. hehehee.. apa saya yang salah liat ya.. :D

Reply
avatar
14 Maret, 2013 delete

slmat mlm mas wah acaranya pasti seruh'y mas. oh 'y mau nganterin gelas kopi yang kemarin mas heheh

Reply
avatar
Harun Ar
AUTHOR
14 Maret, 2013 delete

Wah saya belum pernah lihat ogoh-ogoh

Reply
avatar
15 Maret, 2013 delete

Mas AGus tinggal di Bali kah? Kirain di daerah Jawa ...

Reply
avatar
16 Maret, 2013 delete

masih ada aja ya hal yang unik kaya begini :)

Reply
avatar
budi os 19
AUTHOR
16 Maret, 2013 delete

saya hampir salah nangkap baca nya ...ta kira ogah ogah...hehe :)

Reply
avatar
budi os 19
AUTHOR
16 Maret, 2013 delete

cuci dulu dong :)

Reply
avatar
Agung Putra
AUTHOR
16 Maret, 2013 delete

oh itu toh yang namanya ogoh-ogoh

Reply
avatar
17 Maret, 2013 delete

taun lalu ane baca ogoh ogoh juga di blog ente, sekarang baca lagi. ehm.. udah setahun aja ga kerasa kita ya gan :D

Reply
avatar
17 Maret, 2013 delete

kalau saya lebih suka ommelet :-D

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 Maret, 2013 delete

om melet yak?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 Maret, 2013 delete

wah salah lihat tuh mas :D

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 Maret, 2013 delete

seperti apanya lihat di youtube aja om nggak beda jauh kok, tapi kalau lihat secara nyata lebih seru sih...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 Maret, 2013 delete

di daerah Sumatera mbak, saya tinggal di lampung... saya tinggal di daerah yang masyarakatnya mayoritas Hindu...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 Maret, 2013 delete

masih mbak, tiap tahun sekali malah...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 Maret, 2013 delete

heheh bisa aja mas budi...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 Maret, 2013 delete

iya sob seperti itu, terima kasih...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 Maret, 2013 delete

iya sob, ane dulu pernah posting hal beginian, sekarang juga... dan acara ogoh - ogoh adalah setahun sekali, tidak nyangka ya perasaan cepet banget setahun...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
17 Maret, 2013 delete

iya nih dah di cuci belum? nti belum di cuci dah di anterin

Reply
avatar
pasnem
AUTHOR
17 Maret, 2013 delete

katanya sambil digantung di monas.hahaha

Reply
avatar
18 Maret, 2013 delete

kunjungan pgi mas mau ngasih gelas kopi yang kemarin sore hehehe

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
18 Maret, 2013 delete

omed2an itu yang Mas KS suka banget

Reply
avatar
Agung Putra
AUTHOR
18 Maret, 2013 delete

hahaha, saya sering dengar, tapi gak pernah mencoba mencari bentuknya

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
19 Maret, 2013 delete

Terima kasih mas sudah diantar gelasnya

Reply
avatar
Dhiyas KN
AUTHOR
20 Maret, 2013 delete

Mungkin dah pada males kali ya atau pada mudik makanya sepi.

Reply
avatar
20 Maret, 2013 delete

itu kan hanya katanya :-)

Reply
avatar
Harun Ar
AUTHOR
20 Maret, 2013 delete

anak-anak lagi cerita-cerita tentang ogoh-ogoh, terus saya tunjukin ke sini biar tahu gambarnya....

Selamat malem gus, pa kabar.... sehat semua ya...

Reply
avatar
21 Maret, 2013 delete

Kebiasaan memang jarang di cuci

Reply
avatar
21 Maret, 2013 delete

wah masih belum di cuci lagi...

Reply
avatar
21 Maret, 2013 delete

Biasanya ini di lakukan sebelum apa sesudah hari raya nyepi ya sob...?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
21 Maret, 2013 delete

begitulah katanya

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
21 Maret, 2013 delete

bhahaha jorok banget yak

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
21 Maret, 2013 delete

nah sekarang kan sudah tau, banyak macamnya yang buat mas...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
21 Maret, 2013 delete

ndak papa mas Mahfid, nanti saya cuci sendiri

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
21 Maret, 2013 delete

sobat dari mana kalau boleh tau?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
21 Maret, 2013 delete

terima kasih om, alhmdullah sampai saat ini sehat walafiat om...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
21 Maret, 2013 delete

sebelumnya mas, sore hingga malam diaraknya dan paginya mulai puasa

Reply
avatar
sweatangel
AUTHOR
21 Maret, 2013 delete

seru banget yakk.. :D

[ Gabung yuk ke Direktori Backlink Gratis Berkualitas No.1 Indonesia ]

Reply
avatar
21 Maret, 2013 delete

Waduh terlambat datang nih sob, seru yah, ogoh-ogoh apa ogah hehe..

Reply
avatar
Masnady
AUTHOR
22 Maret, 2013 delete

halo sobat.. wah dah lama nih sob saya nggak mampir ke sini...hehehehe.

hmm apa kabar nih sobat.?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
22 Maret, 2013 delete

iya mbak nanti saya kesana, coba - coba...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
22 Maret, 2013 delete

ndak papa mas, terlambat hal yang biasa hehehe...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
22 Maret, 2013 delete

iya nih mas lumayan lama, sehat mas alhmdllah.... apa kabar juga nih?

Reply
avatar
Rawins
AUTHOR
22 Maret, 2013 delete

wah kapan ya aku bisa nyampe ke bali
pengen sih liat ritual adat semacam itu
di jawa sudah mulai punah soalnya ga kaya di bali

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
23 Maret, 2013 delete

ya tinggal berangkat aja mas, mau naik pesawat apa mobil hehe...

Reply
avatar
mohamad rivai
AUTHOR
28 Maret, 2013 delete

aq lum pernah liat secara langsung nie.

katanya serem ya om???

Reply
avatar
30 Maret, 2013 delete

yang bawah gambarnya lucu mas :D hehe

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
30 Maret, 2013 delete

kalau dibilang serem ya serem juga sih bagi yang penakut hehe...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
30 Maret, 2013 delete

lucuu... kok lucu sob lucunya dimana ya...

Reply
avatar
02 April, 2013 delete

ogoh2nya serem hiiiii

Reply
avatar

Terima kasih sahabat sudah :
1. Berkomentar
2. Tidak memasukkan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar sara/porno EmoticonEmoticon