Pujakesuma

pujakesuma lampung selatan

Pujakesuma – Hari ini minggu dirumah mertua kebetulan mendapat giliran sebagai tuan rumah dalam acara pujakesuma. Acara ini diadakan satu bulan sekali di minggu pertama, karena mendapatkan giliran dan kedatangan tamu dari berbagai wilayah seputar lampung selatan pastinya pihak tuan rumah menyediakan hidangan dan kue meski tidak istimewa. 

Pujakesuma adalah kepanjangan dari “putera jawa kelahiran sumatera”, pujakesuma ini bertujuan untuk saling mempererat tali silaturahmi mengakrabkan keluarga dari berbagai golongan, sekaligus mengadakan acara arisan. Menentukan menjadi tuan rumah adalah hasil dari pemilihan bulan sebelumnya dimana pemenang berlangsung. 

Karena yang terpilih kali ini adalah tempat mertua, penyajian cukup sederhana hanya dengan ikan bakar, ubi jalar dan kue agar – agar. Para tamupun sudah cukup menikmati hidangan dari tuan rumah, canda dan obrolan santai mengiringi dari pagi hingga tengah hari.

agar - agar pujakesuma

ikan bakar pujakesuma

Itulah tentang pujakesuma yang diselenggarakan dirumah mertua kali ini
Previous
Next Post »

125 komentar

Write komentar
Indah P
AUTHOR
09 Juni, 2013 delete

saya dapat petromak....catet

Reply
avatar
Indah P
AUTHOR
09 Juni, 2013 delete

yg bikin nggak nahan ikan bakarnya itu loh ..... menggugah selera

Reply
avatar
zigzoor Thea
AUTHOR
09 Juni, 2013 delete

wew rame kayaknya ya sob, kue-kuenya enak tuh. oh jadi pujakusemua ada panjangnya toh. he...he...baru tahu...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
09 Juni, 2013 delete

saya catet mbak indah

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
09 Juni, 2013 delete

masak sih mbak indah

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
09 Juni, 2013 delete

pujakesuma mas bukan pujakusemua hehehe...

Reply
avatar
Ndank Nabil
AUTHOR
09 Juni, 2013 delete

oh baru tahu gan pujakesuman, omong-omong dapet arisanya hehehe...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
09 Juni, 2013 delete

dapet donk, pujakesua lho...

Reply
avatar
Uswah
AUTHOR
09 Juni, 2013 delete

eh.. jd inget, saya punya temen dr lampung, tepatnya di metro.. anehnya dia itu njawani lho.. bahasanya jawa kromo inggil.. dan katanya jg, di lampung justru byk org jawa.. nah ini istrinya mas agus asli lampung tp lahir di jawa ya.. yayayaa..

oia, saya lho.. pas buka blog ini dr dasbor, tak kirain blognya mas agus s.. haghag..

Reply
avatar
Uswah
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

eh, kebalik ya.. istrinya mas agus bg asli jawa tp lahir di lampung.. ( ^)o(^ )

Reply
avatar
Budi Siswanto
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

Waduh malam2 gini klo dapa makanan diatas kayaknya enak banget nih... bagi dong kang hehehe... moga sukses acaranya deh...

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

kalo saya puinkein: putera indonesia kelahiran indonesia, hehe

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

saya dibagi duluan dong, hehe

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

Mbak Uswah kelahiran mana coba?

Reply
avatar
wongcrewchild
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

bnyak kerabat saya yg pujakesuma juga mas..pasti rame kdan kental nuansa jawanya,
hidangannyapun menggoda selera

Reply
avatar
Wisata Murah
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

ide menarik ntuk mempererat tali silaturahmi antara warga perantau ya mas, saya sagat senang mendengarnya.. sampaikan salam saya pada seluruh keluarga pujakesuma ya..
salam sukses selalu

Reply
avatar
10 Juni, 2013 delete

wah asik tuh.. semoga tahun depan ada pujakeja (putera jawa kelahiran jawa).
biar makin erat tali silaturahminya ya mas

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

saya lampu ting saja lah , tahan badai

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

itu ikan patin ya

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

bagus mas itu menandakan keeratan hubungan, tapi jangan nikah lagi lho ya

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

dapat berapa mas ? mayan mas buat mudik nanti lebaran

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

saya datang membawa gorengan...
ya saya juga punya temen dari lampung juga njowoni..
ada juga yang lu gue lu gue, lu guwateli , hehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

mas agus juga asli jawa kok,

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

saya suka ubi rebus dan juga sukun rebus

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

saya dong ABRI ; anak bangsa republik indonesia

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

top sekali mas, super bukan L2 super lho ya

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

betul mas, dan juga saya dapat arisan lho.
lho kok saya, eh mas agus BG ding

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

saya suka acara demikian mas, dan rasa eratnya itu lho melebihi saat kita di jawa ya mas, soalnya jauh sih. dulu pas sekolah saya ikut Ikamaro, ikatan mahasiswa ronggolawe tuban.
teman saya di papua ada ikatan keluarga jawa timur atau Ikajati

Reply
avatar
Rasito Rastam
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

Menarik sekali punya ikatan keluarga semacam itu. Saya pernah punya ide membangun ikatan alumni SMA saya dulu, beberapa teman sudah saya ajak diskusi, tapi tidak pernah berhasil.

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

boleh mas, tapi bisa lampu padam

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

ikan laut mas, kembung...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

wah nggak mas, satu aja nggak abis2 wkwkwkw...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

dapet 5 jt mas, bisa juga tuh...

Reply
avatar
iin indriani
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

hehe pikir tadi Pujakesuma itu apa mas ??
wah enak yah kalo bisa bgtu, jadi ga ngrasa sndrian , :D

Btw makanannya bagi" sini mas :P

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

ke metro sekitar perjalanan 2 jam mbak, huss ketawa wedok kok ngakak lho...
mas agus@ ahihihi...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

mbak uswah@ 100% keturunan jawa asli, orang tua, mertua, istri...
mas zach@ pasti kelahiran jawa juga..
mas agus@ tepat...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

mas budi@ kapan aja enak kok mas, sudah dihabisin mas zach lho...
mas zach@ kan sudah...
mas agus@ ubi di bikin onde2 enak lho mas, kalau sukun di goreng anget2 ooohhh...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

wah2... bagus2 semua julukannya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

ada juga ya mas, iya tuh ngobrol sana sini karena tidak tiap hari ketemu...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

mas wis@ iya mas, akan saya sampaikan, sukses juga buat keluarga mas...
mas agus@ L300 kali mas hehehe...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

mas andes@ nah itu ide yang menarik, silahkan rembuk dengan mas agus setya...
mas agus@ gimana pendapat mas andes tuh...

Reply
avatar
10 Juni, 2013 delete

Pujakesuma, wah ada kepanjangannya ternyata, saya juga beberepa kali ke lampung selatan mas, di Kedondong tepatnya...

Kalo ikan bakar tapi temennya lalap, sambal tambah nasi hangat juga udah nikmat banget itu mas...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

wah seru ya mas, sekarang nggak ada ikatan lagi mas? maksudnya bukan ikatan dengan mbak nia lho ya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

sayang sekali ya mas rasito, coba di koordinasi lagi mas, siapa tau sekarang berhasil..

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

iya mbak iin, serasa punya saudara...
boleh tunggu ya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

kedondong, saya kemarin tanggal 9 mei juga ke kedondong mas tempat saudara...
waaww nikmat banget mas...

Reply
avatar
dins sam
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

untuk acara seperti itu emang sangat baik sekali dan patut ditiru ya mas soalnya buat mempererat tali silaturahmi

btw ikan bakar nya masih ada ndak?? hehe..

Reply
avatar
Mas Nady
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

wiisss nama acaranya keren nih sob.."pujakesuma" wah berarti saya boleh ikutan nih sob, saya juga "pujakesuma" nih sob.. saya mo ikan bakar sama agar-garnya sob.. dan sedikit ubi rambatnya hahahaha semua nya dink xixiixixixix

Reply
avatar
vina devina
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

wah sukses selalu ya acara nya :)

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

ya bagus, tapi minyak tanah mahal

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

kembung apanya mules mas

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

hahaha..mbok menowo oleh arisan terus nikah maneh, hehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

banyak juga ya mas, semoga lancar deh rejekinya

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

mringis ya mas

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

betapa nikmatnya yamas

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

asala jangan anak buah roma irama

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

enak buat ngangkut ikan dari laut mas

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

setuju banget mas, top pokok e kalau silaturohim

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

ya kan sudah lulus mas

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
10 Juni, 2013 delete

kalau wanita aja langsung cepet, kalau saaya pasti ntar ntar, huh

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

siiip.
aamiin

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

soneta grup apa sonet grup?

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

serasa di sorga

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

tapi tarip listrik mahal juga, ya wes lampu alami aja kalau ada...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

sodara mas, tapi sodara bukan jauh...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

emang enek penak'e enek orane sih mas...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

amiinn... moga mas agus juga diberi kelancaran rejekinya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

sorga dunia lho ya

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

apa solmet?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

iya bisa banyak, makin banyak ngangkut makin banyak duitnya, tapi makin cepet juga korosinya

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

lha iya silaturohim, masak mau nikahan..

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

oooww... IP berapa mas?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

lha iya to, wanita dulu diutamakan... *bukan cari perhatian lho ya

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

iya mas, walahh tinggal satu tak kasih kucing e...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

bisa juga sih mas, lho lho kok semuanya mas? tapi dikit2 ya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

terima kasih mbak vina dan mas zach...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

mbak vina maaf ya itu blognya mbak vina kalau mau komen capcha kurang keatas, jadi saya nggak bisa komen...

Reply
avatar
Nia Dewiasih
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

kalo di rumah ada perkumpulan kucing garong ... kerjaanya ya nggarong nggak jelas gitu ..

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

haahh! kucing garong... garong hati ya?

Reply
avatar
just4rt
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

Ikannya enak banget tuh keilatannya mas.. :D Jadi laper saya.. hhehe

Reply
avatar
11 Juni, 2013 delete

Pujakesuma tradisi yang bisa mengikat dan mempererat persaudaraan. Silaturahmi akan terjalin terus.

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

nah batuk nya siapa yang mulus biar menyinari kegelapan

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

masih misanan ya mas

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

kucing goreng lah mas

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

ya maunya batuknya sapa

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

masih mas, dulur jawanya bilang

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

pasti nggak enak

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

silahkan makan mas kalau laper...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

iya mas, karena tiap bulan akan ketemu...

Reply
avatar
Boku no Blog
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

Ikan bakarnya dikasih sambal tomat uenak ya Mas Agus bg,..?

Reply
avatar
Boku no Blog
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

Kucing dendeng..

Reply
avatar
Boku no Blog
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

Tekan dan tahan tombol Shift mas, nanti naik keatas sendiri..dan bisa koment..

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

mamang dapet terakhir

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
11 Juni, 2013 delete

mamang pesen ikan bakarnya mas....

Reply
avatar
Kstiawan®
AUTHOR
12 Juni, 2013 delete

maknyus bener tuh... bagi donk ikan bakarnya.

Reply
avatar
Herman Bagus
AUTHOR
12 Juni, 2013 delete

dapat juga wakaka

Reply
avatar
KY
AUTHOR
12 Juni, 2013 delete

pujakesuma itu lebih tepat hari apa ya? kalau di malaysia, sesetengah perumahan selalu mengadakan bacaan yasiin..bergilir2 setiap minggu

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Juni, 2013 delete

lho lho saya kok yang terakhir...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Juni, 2013 delete

hehe begitu ya mang, jadi malu nih... terima kasih...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Juni, 2013 delete

nah yang ini enak nih mang

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Juni, 2013 delete

wuiihh banget mang, top pokoknya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Juni, 2013 delete

iya, dibungkus apa dimakan disini mang?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Juni, 2013 delete

boleh, di bali banyak juga kan bli ikan bakar...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Juni, 2013 delete

bukan model begitu mbak KY, ini hanya sekedar kumpulan silaturahmi diisi dengan makan - makan...

Reply
avatar
Cik Awi
AUTHOR
12 Juni, 2013 delete

Wah enak nih mas ada acara pujakesuma ya

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
12 Juni, 2013 delete

ya enak sih mas...

Reply
avatar
Citro Mduro
AUTHOR
12 Juni, 2013 delete

Keakraban dan silaturahmi yang terpenting
masalah hidangan, ada syukur, tidak ada pasti doanya semoga aja ada

he.. he..

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
13 Juni, 2013 delete

lho saya ini yang terakhir

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
13 Juni, 2013 delete

dulu dan sanak kadang

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
13 Juni, 2013 delete

kabeh mau kuwi yo ngono mas, nek enak terus yo malah bosen

Reply
avatar
13 Juni, 2013 delete

hadir kembali demi pujakesuma.,numpang makan gratis.

Reply
avatar
Andy Borneo
AUTHOR
13 Juni, 2013 delete

ini yang dapat petromax kayak'nya sering nongkrong depan pintu ya.. xixixix

Reply
avatar
Andy Borneo
AUTHOR
13 Juni, 2013 delete

sama.. perut saya jadi lapar nih liatin ikan bakar..

Reply
avatar
Andy Borneo
AUTHOR
13 Juni, 2013 delete

ni Agus bg dengan Agus Setya lengket banget ya..

Reply
avatar
13 Juni, 2013 delete

ya ampun mas.. jadi lapar banget nih gara2 liatin ikan bakar.. hehehe..

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Juni, 2013 delete

depan pintu kamar mas hikhik

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Juni, 2013 delete

ya silahkan makan mas dirumah masing2 hehe...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Juni, 2013 delete

bagaikan apa mas, amplop dan perangko ya

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Juni, 2013 delete

bukan bawel ya mas

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Juni, 2013 delete

wkwkwkw... tidak ada pasti dibelain jadi ada

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Juni, 2013 delete

ya nggak apa2 mas, moga menjadi berkah hehe

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
13 Juni, 2013 delete

ya makan mas, jangan lupa bayar

Reply
avatar
Rawins
AUTHOR
17 Juni, 2013 delete

jadi inget aku punya sodara di lampung yang pernah ngomongin pujakesuma
baru tau sekarang kalo itu ada singkatannya
kirain nama perkumpulan doang :D

Reply
avatar

Terima kasih sahabat sudah :
1. Berkomentar
2. Tidak memasukkan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar sara/porno EmoticonEmoticon