Kupatan

Kupatan – Tradisi kupatan sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat jawa, bahan yang dari beras dibungkus janur persegi ini sudah menjadi tradisi sejak dahulu. Acara ketupatan biasanya seminggu setelah hari raya Idul Fitri, namun didaerah lain mungkin berbeda, bahkan ada yang hari raya Idul Fitri sudah ada ketupat.

Tidak ketinggalan juga keluarga saya dalam acara ketupatan dirumah, karena dalam merebus ketupat ini lumayan lama pilihan memasak dengan kayu jadi pilihan. Jika menggunakan gas disayangkan, karena kayu tersedia cukup banyak dan tidak perlu beli. 

Kupatan 2013

Kupatan 2013

Pasangan dalam menyantap ketupat menurut saya adalah dengan sayur santan, bisa sayur tempe kentang dan labu, apalagi jika agak pedas – pedas dikit wuih maknyuuss… 

Kupatan 2013

Selesai dan beres dalam buat sayur dan ketupatnya saatnya makan, cukup dengan 2 buah ketupat perut sudah terasa kenyang. 
Kupatan 2013

Bagaimana ditempat sobat, apakah sudah memasak ketupat atau sudah dari hari raya Idul Fitri nih?
Previous
Next Post »

95 komentar

Write komentar
14 Agustus, 2013 delete

masih suasana lebaran khan,
jadi nggak apa2 kan kalo aku mohon dimaaafkan lahir batin kalau aku ada salah dan khilaf selama ini,
back to zero again...sambil lirik kiri kanan nyari ketupat....salam :-)

Reply
avatar
mas-andes
AUTHOR
14 Agustus, 2013 delete

bener banget mas, mungkin tradisi ini menyeluruh buat masyarakat jawa.
tapi saya dari awal lebaran belom makan ketupat mas, adanya lontong :)

Reply
avatar
Cuute Yanti
AUTHOR
14 Agustus, 2013 delete

daerahku tradisi ketupat biasanya syawalan sama idul adha mas..

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

lemparin kesini Bos!

Reply
avatar
MaYa KayLa
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

minal aizdin walfa'izdin om zack,,,,

Reply
avatar
MaYa KayLa
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

selamat hari raya
minal aizdin walfa'izdin,,,


mw jga ketupatnya,mas

Reply
avatar
Wisata Murah
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

woow benar benar lebaran ni mas agus.. karena kata orang kalau lebaran tanpa ketupat itu bagai sayur kurang garam ya. hehe

lagian kalau ketupat dimasak dengan kayu dan gas. kata istri saya enakan dimasak dengan kayu ,,

Reply
avatar
15 Agustus, 2013 delete

Selamat hari raya Idul Fitri, Sob... wadawww jada lapar nih liat ketupat di atas....

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

lah kok sama waktu kupatannya mas, memang sama sama rasa jawa sih mas, kemarin makan kupat sama lepet sampai kenyang, hehe
apa sih mas makna dari kupatan itu ?

Reply
avatar
15 Agustus, 2013 delete

WAH ASIK NI SOB KUPATAN AQ DI KASIH JUGA MAU KO HEHHEHE

Reply
avatar
mangyono
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

sudah mateng belum kupatnya... jangan lupa kirim kesini

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

kan sama sama endonesia mas...

kalau maknanya belum paham mas

Reply
avatar
Mus Djono
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

makan kupat sama lepet
Ngaku lepat sami mlebet

Reply
avatar
Mus Djono
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

bado kupat bada puasa syawal ya mas. Di tempat lain bakda puasa ramadan lansung bikin kupat dan ga ada perayaan untuk bada puasa syawal

Reply
avatar
Mus Djono
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

awas kena jidad!,,,,
twengkk.....

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

monggo di cicipi mas ketupatnya...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

ya ndak papa mas, masih saudara juga itu lontong wkwkwk...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

iya mbak, dah buat belum mbak?

Reply
avatar
infosaja.com
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

Mohon maaf lahir dan batin mas,ditunggu kiriman ketupatnya terlihat enak dilihat sambil disantap mas hehe :)

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

maklumlah dulu mas zach jago main bola kasti

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

iya mbak sama2, mau.. boleh silahkan diambil di meja...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

berarti pas dirumah saya menggunakan kayu ya mas...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

sama2 sob, langsung cari ketupat sampai dapat

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

makna sebenarnya kurang paham saya mas, katanya untuk kebersamaan dan kemakmuran, justru mas agus yang asli dari daerah jawa tolong cari maknanya ya hehehe?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

tunggu tetangganya ngirim ya mas

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

sudah mas, wah sayang sayurnya habis mang

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

iya ada yang seperti itu mas, mungkin supaya simpel masak dirumahnya hehehe

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

sama2 mas, sapa dulu donk yang buat...

Reply
avatar
budi os 19
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

Sy orang jawa malah baru tau mas
Mohon mav lahir bathin..

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

ah becanda mas budi... sama2 maaf lahir batin juga ya

Reply
avatar
Wisata Murah
AUTHOR
15 Agustus, 2013 delete

katanya gitu mas, karena rasanya lebih pulen

Reply
avatar
Cilembu thea
AUTHOR
16 Agustus, 2013 delete

liat ini jadi pengen makan ketupat lagi deh...kemaren belum merasa puas makan ketupat dan oprnya, keburu abis euy.

mohom maaf lahir dan batin kang, kita kembali nol y

Reply
avatar
Indah P
AUTHOR
16 Agustus, 2013 delete

haduhhh,,,penasaran dengan kupat+opor ayamnya mas.

Reply
avatar
Mas Nady
AUTHOR
16 Agustus, 2013 delete

wah sepertinya kedatangan saya pagi pagi pas banget nih mas.. belum sarapan nih saya, eh malah di suguhi ketupa.. mantap.. saya minta dikit ya mas.. buat sarapan hehehehe.

oya mas. tolong mas agus sms/call no saya ya.. soalnya no mas agus hilang dari kontak... terimakasih...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 Agustus, 2013 delete

mmhh mungkin bener juga karena rasanya emang pulen sih, dan untuk memasaknya lama apapun itu selama ada kayu kenapa nggak ya mas...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 Agustus, 2013 delete

coba buat yang banyak nggak keabisan dech...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 Agustus, 2013 delete

ya monggo dicicipi, nggak bayar...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 Agustus, 2013 delete

silahkan sarapan mas... sudah saya sms mas kebetulan saya juga ganti no kok, mau sms kemarin kelupaan wkwkwkw....

Reply
avatar
16 Agustus, 2013 delete

wah mas Agus masih ngupat nih...

mohon maaf lahir batin ya mas

Reply
avatar
iin indriani
AUTHOR
16 Agustus, 2013 delete

wah sayangnya ditempat aku ga buat mas,
sini deh kirim ke sini . hehhehe ..

sayurnya bikin laper . hayo tanggung jawab lho mas :P

Oia,, mohon maaf lahir n batin yah mas agus :)

Reply
avatar
Fahri Samudra
AUTHOR
16 Agustus, 2013 delete

Busyeeett Mas, jadi laper nih liatnya, air liur menetes, hehehhe, enak banget tuh

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 Agustus, 2013 delete

hehehe iya mas, maaf lahir batin juga...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 Agustus, 2013 delete

lho kok nggak buat to mbak, ya udah tunggu aja...
maaf lahir batin juga mbak...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
16 Agustus, 2013 delete

sedia ember mana ember hehehe...

Reply
avatar
17 Agustus, 2013 delete

happy independence day for Indonesia...merdeka :-)

Reply
avatar
Azie Thea
AUTHOR
17 Agustus, 2013 delete

walau agak terlambat sya juga mau nyicip deh.

Reply
avatar
Mus Djono
AUTHOR
17 Agustus, 2013 delete

kalau masak ketupat pakai tungku dengan kayu bakar gitu mbak Indah karena mbutuhin waktu lama memasaknya atau pakai kopor gas gituh.. tapi ini masak ketupat kok pakai kompor ayam kapan matangnya ya?
Glek...

Reply
avatar
Mus Djono
AUTHOR
17 Agustus, 2013 delete

Datang lagi ah baranglali masih sisa ketupatnya mumpung ga puasa keburu tanggal 13 dah hari puasa putih ga makan lagi nih kupatnya.

Reply
avatar
Mugniar
AUTHOR
17 Agustus, 2013 delete

Enak nih .. jadi ngiler :)

Mohon maaf lahir batin ya mas Agus. maaf baru ke mari

Reply
avatar
18 Agustus, 2013 delete

disini udah jarang ada tradisi spt ini.. mungkin termakan era globalisasi.. sipp.. nice post !

Reply
avatar
anisayu
AUTHOR
18 Agustus, 2013 delete

tradisi kupatan
seminggu setelah malam takbiran
sangat indah dan harus dilestarikan
karena cuma ada dihari lebaran

hmm

enak ya makan ketupat
apalagi setelah berjabat
semakin nikmat

Reply
avatar
Thanjawa Arif
AUTHOR
19 Agustus, 2013 delete

sudah habis malah

Reply
avatar
Thanjawa Arif
AUTHOR
19 Agustus, 2013 delete

ketupat saya kurang suka lebih enakan lontongnya mas karena lebih empuk teksturnya dan yang paling disukai lagi lepet yang dibuat dari beras ketan dengan bentuk bulat memanjang itu lo

Reply
avatar
Thanjawa Arif
AUTHOR
19 Agustus, 2013 delete

maaf lupa belum mohon maaf lahir batin karena itu maafkan saya lahir batin ya mas dari semua khilaf

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
19 Agustus, 2013 delete

maknanya ya kembali ke fitroh mas, kupat kan ngaku lepat, mengakui kesalahan, kalau lepet itu di silep sing rapet, kesalahan orang lain di simpan yang rapat jangan di buat rasan rasan apalagi orangnya sudah meminta maaf. Kupat sama lepet itu di bungkus sama janur yang artinya sejatining nur, ya kembali ke fitroh tadi. Janur kan daun kelapa yang paling muda ya sama seperti bayi yang baru lahir. Kenapa kok pakai daun kelapa, karena pohon kelapa itu lurus tidak bercabang, atau satu, artinya Percaya dan iman kepada Allah tidak boleh syirik atau mensekutukan, nah memanjat pohon kelapa itu kan di peluk dengan rapat, artinya peluk erat erat dan pertahankan iman kita.
lepet juga gitu, lepet kan lurus juga to, kayak pohon kelapa, dan talinya sebanyak lima uliran. artinya percaya kepada Allah dengan menjalankan sholat lima waktu.
sudah ah malah jadi artikel nanti. mumet
hehe

Reply
avatar
19 Agustus, 2013 delete

Pak Agus, selamat berlebaran ya...mohon maaf lahir batin.

enak tuh kupatnya, ibu saya kalau masak kupat juga pakai kayu bakar, rasanya lebih enak...

Reply
avatar
Saeful Rahman
AUTHOR
19 Agustus, 2013 delete

Pesen satu mas lagi laper nih. heheh :D


Masih suasana lebaran
Mohon maaf lahir dan batin.

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
20 Agustus, 2013 delete

wah sama kalau gitu ya mbak, sudah tradisi dan ngirit gas hehehe...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
20 Agustus, 2013 delete

bahh... jangan2 diabisin sama mas arif

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
20 Agustus, 2013 delete

mmhhh gitu ya mas, ya ndak papa kok mas panjang lebar, kan niat berbagi to...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
20 Agustus, 2013 delete

kenapa mas lehernya kecetit ya

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
20 Agustus, 2013 delete

ya monggo mas, gimana rasanya..?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
20 Agustus, 2013 delete

ya buat buka aja to mas...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
20 Agustus, 2013 delete

jangan ngiler disini lho mbak hehe... iya maaf lahir batin juga mbak...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
20 Agustus, 2013 delete

harus dilestarikan ya sobat...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
20 Agustus, 2013 delete

waaww bagus banget mbak, memang jagonya sih masalah pantun dan puisi...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
20 Agustus, 2013 delete

tenang saja mas, belum minta juga sudah saya maafkan kok...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
20 Agustus, 2013 delete

ntar ya mas nunggu diracik dulu hehe... sama2 mas...

Reply
avatar
Mus Djono
AUTHOR
21 Agustus, 2013 delete

Kupatnya Bisa awet gini apa rahasianya ya? Jangan kata pakai bahan kimia ya.

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
21 Agustus, 2013 delete

pake formalin mas biar aweet

Reply
avatar
Thanjawa Arif
AUTHOR
21 Agustus, 2013 delete

hadir di sini lagi mas Agus,sisa ketupatnya masih ada kan? hehe...

Reply
avatar
21 Agustus, 2013 delete

masih ada gk bos ketupatnya mintak dunk heheh

Reply
avatar
wongcrewchild
AUTHOR
21 Agustus, 2013 delete

maknyuus banget..
sama mas disini, rame bnget kemari wktu kupatan, sampe numpuk dapet dari tetangga..
kupat keceplung santen
menawi lepat nyuwun ngapunten

Reply
avatar
22 Agustus, 2013 delete

kl di Jawa ada istilah namanya lebaran ketupat, ya? :)

Reply
avatar
Mas Nazar
AUTHOR
23 Agustus, 2013 delete

Minta kupatnya dong mas ... :D

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
23 Agustus, 2013 delete

waduuh mas sangat banget lho...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
23 Agustus, 2013 delete

tahun depan ya mas bro hehehe

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
23 Agustus, 2013 delete

jadi dapet rasa ketupat yang beda2 donk mas?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
23 Agustus, 2013 delete

ada mbak, baru denger ya mbak?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
23 Agustus, 2013 delete

dirumah nggak buat to mas? hehehe

Reply
avatar
24 Agustus, 2013 delete

Kalau dikampungku enam hari setelah lebaran pesta ketupatnya. Ternyata sama ya ?

Reply
avatar
24 Agustus, 2013 delete

aduh enakx mas jd rindu ma labaran... *smile

Reply
avatar
Cilembu thea
AUTHOR
24 Agustus, 2013 delete

kesini lagi mau nunggu ketupat dan opornya segera diganti....mana tau yang baru mah lebih makjleb....
salam sehat dan ceria selalu y kang

Reply
avatar
24 Agustus, 2013 delete

ketupatnya masih ada nggak :-)

Reply
avatar
Saeful Rahman
AUTHOR
24 Agustus, 2013 delete

Masakannya harus enak mas, hahaha.:D

Reply
avatar
Saeful Rahman
AUTHOR
24 Agustus, 2013 delete

Semangat terus ngeblognya mas, ditunggu artikel terbarunya loh. :)

Reply
avatar
kolongtulis
AUTHOR
26 Agustus, 2013 delete

ooh kupatan ternyata ketupatan. ^_^

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
27 Agustus, 2013 delete

iya mas, beraarti masih ada hubungan saudara kita wkwkwkw

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
27 Agustus, 2013 delete

ya sabar mas tunggu tahun depan lagi hehehe

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
27 Agustus, 2013 delete

belum buat lagi mas, naik pohon kelapa susah wkwkwkw

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
27 Agustus, 2013 delete

hehehe sabar to mas...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
27 Agustus, 2013 delete

hehehe *cling...

Reply
avatar
27 Agustus, 2013 delete

mf pak sy mampir2 lg sambil nyari2 yg baru.. *smile

Reply
avatar
27 Agustus, 2013 delete

Insya Allah.., semoga sama2 panjang umur Pak.., aamiin..

Reply
avatar

Terima kasih sahabat sudah :
1. Berkomentar
2. Tidak memasukkan link hidup dalam komentar
3. Tidak berkomentar sara/porno EmoticonEmoticon